Muhammad Fadzli Nur Arrafi – 2802496470 – Business Information Technology

Ketertarikan saya terhadap UI/UX Design berawal saat semester 1 ketika mengikuti mata kuliah UI/UX. Saat itu proyek harus dikerjakan berdua, namun karena terjadi miskomunikasi dengan teman saya, akhirnya saya mengerjakannya sendiri. Dari situ saya mulai belajar banyak hal secara mandiri, mulai dari membuat user persona hingga menyelesaikan keseluruhan desain proyek. Walaupun awalnya terasa menantang, pengalaman tersebut justru membuat saya semakin tertarik untuk mendalami bidang UI/UX.

Seiring waktu, saya mulai mencoba membuat beberapa proyek kecil secara mandiri, salah satunya dengan mendesain ulang tampilan fitur dari sebuah game dan membuat prototype-nya. Hasil desain tersebut kemudian saya bagikan di media sosial pribadi sebagai bentuk latihan dan eksplorasi. Ketika memasuki semester 3, saya kembali mendapatkan proyek UI/UX dan kali ini bekerja dalam sebuah tim, sehingga saya bisa merasakan pengalaman kolaborasi dalam proses desain.

Kesempatan mengikuti lomba datang ketika teman saya, Miza, yang berkuliah di Telkom Bandung mengajak saya untuk mengikuti kompetisi UI/UX setelah melihat ketertarikan saya pada bidang ini. Kami hanya berdua dalam satu tim dengan waktu pengerjaan yang cukup singkat, sekitar dua minggu. Prosesnya tidak selalu mudah karena harus membagi waktu dengan kuliah, aktivitas lain, serta mencari ide yang tepat. Bahkan menjelang deadline masih ada beberapa bagian yang belum selesai.

Namun dengan usaha dan kerja sama yang kami bangun, akhirnya proyek tersebut berhasil diselesaikan dan di luar dugaan tim kami berhasil meraih Juara 1. Pengalaman ini menjadi hal yang sangat berkesan bagi saya, karena membuktikan bahwa dengan kemauan untuk belajar, kerja keras, dan dukungan dari orang-orang terdekat, kita bisa mencapai hasil yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.