Revitalisasi Perpustakaan (Yayasan Usaha Mulia)

Perpustakaan sebagai sarana penyedia ilmu pengetahuan dan informasi mempunyai peranan yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Perpustakaan memiliki fungsi sebagai media untuk melestarikan kebudayaan yang ada di kalangan umum.

Dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat, Teach For Indonesia bersama SSO BINUS @Kemanggisan bekerjasama dengan Yayasan Usaha Mulia untuk merevitalisasi Perpustakaan yang ada di Cipanas – Jawa Barat pada 8 Juli 2024. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan mengembalikan peran perpustakaan sekolah sesuai dengan tujuan dan fungsinya yaitu melalui kegiatan pembaharuan pengelolaan perpustakaan,seperti penyediaan informasi di berbagai bidang seperti fasilitas ruang baca.

Kegiatan ini turut melibatkan peran mahasiswa BINUS University sebagai Volunteer, dimana volunteer ini membantu dalam penataan kembali buku dan menyortir buku yang ada di perpustakaan. Dengan adanya kegiatan ini, perpustakaan dapat meningkatkan minat baca dari masyarakat sehingga dapat meningkatkan literasi peserta didik.

Chandra Gumelar Aulia