Program Edukasi Proses Daur Ulang dan Pemilahan Sampah (Jakarta Recycle Center)

Tahukah kamu? Berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), DKI Jakarta menghasilkan 11,25 juta ton timbulan sampah selama periode 2019-2022. Bahkan sepanjang tahun 2022, DKI Jakarta memproduksi 3,11 juta ton timbulan sampah, terbanyak keempat di Indonesia.

Untuk membantu mengurangi permasalahan sampah tersebut, Teach For Indonesia bersama Student Support Office BINUS @Senayan melakukan kegiatan Edukasi Proses Daur Ulang dan Pemilahan Sampah di Jakarta Recycle Center, Pesanggrahan pada 8 Juli 2024. Jakarta Recycle Center (JRC) merupakan tempat pengelolaan sampah dengan mengedepankan pemilahan sampah dari sumbernya. Kegiatan yang dilakukan oleh JRC merupakan suatu inovasi terhadap pengelolaan sampah dengan melibatkan berbagai macam stakeholder untuk menumbuhkan budaya pemilahan sampah bagi setiap warganya.

Kegiatan yang sudah rutin dilaksanakan oleh BINUS Greater Jakarta (Kemanggisan, Alam Sutera, Senayan dan Bekasi) ini juga melibatkan para mahasiswa yang berperan sebagai Volunteer. Selain mendapatkan edukasi terkait proses pengelolaan sampah, para mahasiswa juga praktek langsung dalam proses pemilahan dan proses pengepresan sampah, seperti pemilahan botol plastic dan pengepresan limbah kertas/kardus.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat menerapkan ilmu pengelolaan sampah yang baik, seperti memilah sampah organik dan anorganik, daur ulang sampah. Tak hanya itu, mahasiswa juga dapat mengurangi tumpukan sampah yang dibuang. Semakin sedikit tertumpuk atau buang, semakin baik jika langsung didistribusikan ke tempat pembuangan akhir.

Chandra Gumelar Aulia