Briefing Mentor Semester Ganjil 2024/2025

Kalian pernah dengar tentang apa itu mentoring? Mentoring adalah kegiatan belajar antara sesama mahasiswa yang dikelola oleh SASC dari sub-unit Mentoring. Mentor adalah mahasiswa yang mengelola kegiatan belajar dalam satu kelompok kecil yang diikuti oleh beberapa Mentee. Mentor merupakan mahasiswa yang mengajar sementara Mentee adalah mahasiswa yang diajar. Sebelum bertugas sebagai Mentor, mereka harus memahami peran dan tanggung jawab yang akan dijalankan nantinya. Oleh sebab itu,  sub-unit Mentoring Student Advisory & Support Center Kemanggisan sebagai center yang mengelola program ini  mengadakan Briefing Mentor Semester Ganjil 2024/2025 pada Jumat, 21 Juni 2024 di Auditorium Binus Anggrek. Selain di area kampus Kemanggisan, program ini juga berjalan di area kampus lain dengan waktu dan tempat yang berbeda.

Pada acara ini, Kak Nizar dan Kak Idha selaku PIC Mentoring memberikan briefing mengenai kegiatan Mentoring dan Tutoring. Mulai dari peran Mentor dan Tutor, perbedaan kegiatan Mentoring dan Tutoring serta teknis pelaksanaannya. Tujuannya agar para calon Mentor mendapatkan gambaran mengenai peran dan tanggung jawab yang akan dijalankan.


Briefing Mentor yang dipandu oleh Kak Nizar dan Kak Idha

Selain itu Kak Nizar dan Kak Idha juga menjelaskan mengenai kendala yang mungkin dialami Mentor dalam bertugas dan bagaimana penilaian kinerja Mentor di akhir semester. Harapannya agar calon Mentor dapat mengantisipasi kendala yang mungkin terjadi dan memahami tujuan dari kegiatan Mentoring yaitu salah satunya adalah peningkatan prestasi Mentor dan Mentee. Hal ini juga dapat dijadikan motivasi untuk berprestasi sebagai Best Mentor pada periode berjalannya. Pada acara ini juga diumumkan penerima Best Mentor pada Semester Ganjil 2023/2024 lalu, yang juga memberi tips dan trik serta motivasi kepada para calon mentor yang hadir di briefing ini. Para penerima Best Mentor Semester Ganjil 2023/2024 ini adalah:

  • 2502016834 Angelin Margareta (Cyber Security)
  • 2602120803 Dave Christian Thio (Computer Science)
  • 2602112322 Elvina Benedicta Santoso (Data Science)
  • 2602092150 Fendy Wijaya (Computer Science)
  • 2602109473 Ivan Setiawan (Computer Science)

Peserta sedang mengerjakan tes seleksi Mentor

Setelah kegiatan briefing selesai, para peserta menjalani proses seleksi Mentor berupa pengerjaan tes pengenalan diri dan pengerjaan studi kasus. Hasil seleksi Mentor akan diumumkan di minggu ke-3 Juli, dan bagi yang lulus akan mengikuti training pembekalan Mentor yang diadakan di minggu ke-1 September. Dengan mengikuti kegiatan ini, calon Mentor diharapkan dapat memahami peran serta tanggung jawabnya dengan baik, sehingga saat bertugas dapat membimbing dan bekerjasama dengan Mentee untuk bersama-sama mencapai prestasi yang terbaik.

Anka Prabitama Adia (SASC)