Workshop ‘How To Make High Quality Content Using Capcut’

How To Make High Quality Content Using Capcut merupakan kegiatan untuk mempelajari cara pembuatan video menggunakan aplikasi bernama Capcut. Workshop ini merupakan Event Collaboration yang diadakan oleh Aktivis BINUS Square pada Kamis, 21 Desember 2023 pukul 19.30 WIB. Rangkaian aktivitas kegiatan ini meliputi ice breaking, pemaparan materi oleh pembicara yaitu Kak Ade Wibayu dari Program Development Center, praktek penggunaan Capcut pada PC, serta dilanjut foto bersama.

Dalam sesi ice breaking ini peserta melakukannya secara berkelompok, ice breaking ini dimaksudkan untuk mencairkan suasana awal dan membuat para peserta untuk lebih saling mengenal satu sama lain. Setelah sesi ice breaking, kemudian acara dilanjutkan dengan sesi perkenalan pembicara dan pemaparan materi tentang cara pembuatan video menggunakan aplikasi Capcut. Adapun materi yang disampaikan adalah dasar-dasar dalam pembuatan video seperti bagaimana membuat konsep suatu video, dimana konsep memiliki peran penting sebagai gambaran utama apa yang akan kita buat pada video. Selanjutnya adalah pembuatan script dan copywriting, proses ini adalah proses yang berguna agar kita mengetahui apa yang perlu kita bicarakan di dalam video. Selanjutnya adalah membuat proses shooting, dimana kita mulai merekam video yang telah kita sudah tentukan konsepnya. Pada proses ini kita dapat berulang kali melakukan pengambilan gambar untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan. Selanjutnya adalah proses editing, dimana kita dapat menambah efek-efek seperti subtitle, efek zoom serta efek lainnya untuk membuat video terlihat lebih menarik dan enak dilihat.

Setelah sesi materi, pembicara melanjutkannya dengan memberikan praktek kepada peserta untuk bisa langsung mencobanya di laptop masing-masing. Dan pada akhir sesi tidak lupa diberi kesempatan kepada peserta untuk dapat bertanya lebih lanjut kepada pembicara pada sesi QnA, serta memilih tiga peserta dengan pertanyaan terbaik untuk mendapatkan hadiah berupa e-Money dan ditutup dengan photo bersama Panitia, Peserta dan Pembicara.

Melalui Workshop “How to Make High Quality Content Using Capcut”, peserta yang mengikuti dapat menambah ilmu mengenai pembuatan video dengan mudah dengan menggunakan aplikasi Capcut dan dapat membantu peserta dalam menunjang tugas perkuliahan dalam membuat konten video yang berkualitas.

Tirza Theopilia (Boarder)