Knowing About France At IFI

Siapa yang tidak mengenal negara Prancis? Prancis sangat terkenal dengan keindahan alam, budaya, sejarah, dan kekayaan bahasanya. Banyak yang menarik untuk dikupas ketika kita hendak mengenal lebih dalam negara yang terletak di Eropa Barat ini.

Pada kesempatan kali ini, Program Development Center Binus Square mengadakan kegiatan yang bertajuk Knowing about France at IFI bekerja sama dengan pusat kebudayaan Prancis yang terletak di Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, berdampingan dengan Kedutaan Prancis. Institute France Indonesia (IFI) sendiri merupakan pusat Bahasa resmi Republik Perancis yang memiliki misi untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dan Perancis di bidang sains, universitas, linguistik, dan kebudayaan.

Dalam kegiatannya kali ini, PDC memberikan kesempatan untuk Boarder menambah pengalaman internasionalisasi mereka dengan mengadakan kunjungan ke IFI. Tujuan dari kegiatan ini tak lain untuk memberikan kesempatan bagi Boarder BSQ lebih mengenal budaya, Bahasa dan juga informasi mengenai kesempatan untuk studi dengan jalur beasiswa di negara Perancis.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 15 Desember 2023. Peserta diarahkan untuk berkumpul pukul 13.15 WIB di area Lounge BSQ dan berangkat bersama menggunakan trasportasi online. Setelah sampainya dilokasi, seluruh peserta disambut oleh kak Mira perwakilan dari IFI. Pada kesempatan ini pun Direktur IFI yaitu Ibu Tia, memberikan sambutan & penjelasan detail tentang Sejarah negara Perancis, mulai dari populasi penduduk negara Perancis, asal usul film yang berasal dari Perancis, persebaran bahasa Perancis, keunikan negara Perancis, dan masih banyak lagi yang tentunya berkaitan dengan negara tersebut. Setelah penjelasan terkait sejarah, barulah sesi penjelasan tentang fasilitas yang ada di IFI oleh kaka Mira, mulai dari perpustakaan yang gratis untuk dikunjungi, games area gratis yang hanya dibuka dihari-hari tertentu, serta nonton film Perancis secara gratis juga, ada juga kursus Bahasa Perancis bagi mahasiswa yang memang ingin bisa berbahasa Prancis dengan lancer. Di IFI, peserta kursus Bahasa Perancis dapat mengambil Sertifikasi Bahasa Perancis yang masa berlakunya adalah untuk seumur hidup tanpa ada masa berlaku/diperpanjang. Tentunya kegiatan ini sangat memotivasi kalangan mahasiswa untuk mengenal lebih dekat dengan IFI.

                Pada akhir sesi, mahasiswa dipersilahkan untuk mengikuti trial class bahasa Perancis secara dasar, dari mulai perkenalan diri, berhitung, dan objek yang tentunya mengartikan dalam bahasa Perancis. Harapan dari kegiatan ini tentunya tidak hanya memperkenalkan budaya dan sejarah negara Perancis, tetapi memperkenalkan bahasa Perancis serta membuka wawasan para peserta yang ikut kegiatan agar bisa menentukan pilihan untuk melanjutkan study ke negara Perancis pada jenjang berikutnya.

Ade Wibayu