Workshop “Understanding Elementor: Build A Website without Coding”

Hari Sabtu, 18 November 2023, Program Development Center BINUS Square mengadakan kegiatan workshop Housing program sebagai rangkaian kegiatan Squarefest 2023 yang merupakan acara perayaan ulang tahun BINUS Square ke-13 tahun. Pada kesempatan kali ini, House of Scientia mengadakan workshop “Understanding Elementor: Build A Website without Coding” dengan mengundang seorang pakar di bidang Elementor bernama Kak Fazanash. Kegiatan ini berlangsung di area Lounge, BINUS Square.

Di awal acara, Kak Sita sebagai salah satu Pembina House of Scientia menyapa peserta yang telah hadir. Ia juga menyampaikan gambaran kegiatan Housing Program lain yang dapat peserta ikuti kemudian memperkenalkan pembicara dengan membacakan CV-nya. Sebagai pembuka sesi workshop, pembicara memberikan penjelasan singkat bagaimana ia memulai belajar tentang Elementor. Elementor adalah sebuah alat atau sistem yang berfungsi sebagai pembuat website yang dijalankan dengan drag and drop pada WordPress. Selain Elementor, pembicara juga menjelaskan penggunaan WordPress.org sebagai host lokal dalam pengelolaan konten sebuah website. Pembicara juga menjelaskan tahapan dalam membuat website menggunakan aplikasi-aplikasi yang telah diberikan kepada peserta.

Selesai penyampaian materi, pembicara mengajak peserta untuk mempraktekkan bagaimana membuat website dengan Elementor dan WordPress. Dalam kegiatan ini, panitia juga mengadakan kompetisi bagi peserta yang membuat tampilan website secara menarik setelah kegiatan workshop selesai. Di akhir kegiatan, Kak Sita mengundang pembicara dan peserta untuk berfoto bersama dan mengarahkan peserta untuk mengisi kuesioner kegiatan. Dari kegiatan workshop kali ini, ada tiga orang peserta yang mengirimkan karya kepada panitia esok harinya. Penilaian juara dilakukan oleh pembicara berdasarkan kesesuaian penerapan materi yang dilakukan. Nama-nama pemenangnya adalah Steven Audric (Juara pertama), Kendrick Hugo (Runner-Up I) dan Frederick (Runner-Up II) dan masing-masing peserta kompetisi mendapatkan hadiah.

Cecilia Astri P. S.