UNESCO Story Circles Workshop

Pada hari Jumat, 26 May 2023, Program Development Center berkolaborasi dengan International Communication, Engagement & Recognition (ICER) mengadakan sebuah event yaitu UNESCO Story Circles Workshop. Kegiatan ini merupakan sebuah kegiatan workshop yang dikembangkan oleh UNESCO pada tahun 2019. Dalam kegiatan ini, para boarder diajak untuk lebih dapat bertolereansi dan berempati kepada orang lain dengan cara memahami tentang culture yang melatarbelakangi kehidupan seseorang dengan cara berdialog.

Kegiatan ini dipandu oleh Ms. Lea Simek (ICER Manager) dan Ms.Cecil dari PDC selaku fasilitator dalam kegiatan UNESCO Story Circles. Dalam kegiatan ini, para boarder dibagi menjadi 2 kelompok kecil sehingga lebih memudahkan mereka saat berdialog mengenai berbagai hal sesuai dengan arahan dari Ms. Lea Simek. Pada sesi pertama, setiap peserta diminta untuk menggambarkan dirinya dengan 3 kata dan menjelaskan mengapa ia menggambarkan dirinya demikian.

Di sesi kedua, setiap peserta diminta untuk menceritakan pengalaman yang paling berkesan dengan seseorang yang memiliki perbedaan dengannya, serta hal apa yang dapat ia pelajari melalui pengalaman tersebut. Pada putaran kedua diskusi kelompok kecil ini, setiap peserta dapat saling menanggapi cerita yang disampaikan oleh peserta lainnya dengan tujuan untuk memberikan encourage, ataupun sekedar membagikan pengalaman yang mirip serta pelajaran apa yang dipetik melalui pengalaman tersebut.

 

Bernat Konduwes