Uji Publik Calon Anggota Panitia Seleksi Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual BINUS University

             Pada hari Kamis, 25 Mei 2023 lalu, BINUS University mengadakan acara Uji Publik Calon Anggota Panitia Seleksi untuk pembentukan Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS). Kegiatan ini dilakukan secara daring dan luring dan dihadiri oleh para calon anggota pansel, para binusian, serta masyarakat umum. Calon panitia seleksi ini nantinya bertugas untuk memilh para anggota satuan tugas sesuai dengan arahan dari Permendikbudriset no 30 tahun 2021 mengenai Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di kampus.

              Kegiatan ini diikuti oleh 11 orang calon anggota Panitia Seleksi yang sudah lulus mengikuti pelatihan dari modul pencegahan dan penanganan kekerasan seksual melalui laman belajar dikti cerdasberkarakter.com. Seluruh calon anggota pansel ini terdiri dari unsur Pendidik/Dosen, Tenaga Kependidikan, dan Mahasiswa. Pada kegiatan uji publik ini para calon anggota Pansel memaparkan pandangannya terkait dengan isu kekerasan seksual dalam berbagai sudut pandang. Kegiatan ini dihadiri pula oleh para panelis yang berasal dari internal maupun eksternal BINUS University. Para panelis ini memberikan masukan kepada para calon anggota pansel terkait isu kekerasan seksual dan pembentukan satgas yang nantinya akan menjadi tugas dari para pansel terpilih. Panelis beranggotakan Ibu Annisa Dwi Rachmawati,M.Psi Psikolog sebagai panelis internal yang berperan sebagai psikolog BINUS University, Bapak Robby Saleh, S.Kom.,M.T selaku Senior Manager Student Affairs dan juga Ibu Yosephine Dian Indraswari, S.Psi,M.Si selaku Direktur Eksekutif Yayasan Pulih yang berpengalaman dalam melakukan pendampingan terhadap korban kekerasan seksual.

Sambutan yang dibawakan oleh Pak Johan, S.Kom.MM

              Acara dibuka dengan sambutan dari Vice Rector Student Affairs and Community Development Bapak Johan, S.Kom.MM yang menyatakan bahwa proses Uji Publik calon anggota pansel ini merupakan tonggak sejarah di BINUS University karena belum pernah ada sebelumnya. Melalui proses Uji Publik ini diharapkan nantinya akan memulai proses terbentuknya Satgas PPKS di lingkungan BINUS University dan mendukung terciptanya lingkungan Binus University yang aman dan bebas dari kekerasan seksual. Satgas PPKS nantinya akan menjalankan fungsi tidak hanya bertindak saat sudah adanya kejadian, namun juga melakukan kegiatan preventif sesuai dengan namanya yaitu Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual.

Pemaparan terkait isu kekerasan seksual yang dibawakan calon anggota pansel

              Setelah sambutan yang diberikan, proses uji publik dilanjutkan dengan pemaparan dari masing-masing calon anggota pansel terkait isu kekerasan seksual. 11 orang calon anggota pansel ini memberikan pemaparan yang beragam mulai dari isu kekerasan seksual dari sisi peranan mahasiswa dalam menjadi agen perubahan, program orientasi mahasiswa baru yang ramah dari kekerasan, fenomena kekerasan sosial melalui sosial media, kegiatan psikoedukasi terkait kekerasan seksual, karakteristik anggota satgas yang dikaitkan dengan value BINUS dan juga usulan terkait struktur satgas PPKS nantinya. Seluruh anggota calon pansel yang melakukan presentasi kemudian menjalani tanya jawab serta mendapat masukan dari para panelis. Pertanyaan dimulai oleh Ibu Dian yang bertanya terkait dengan motivasi menjadi anggota pansel, pandangan dari para calon anggota pansel terkait dengan karakteristik anggota satgas dan juga strategi dari calon anggota pansel jika tidak ada yang mendaftar. Selain bertanya Ibu Dian juga banyak berbagi pengetahuan terkait dengan pengalamannya dalam mendampingi beberapa kampus dalam pembentukan satgas dan juga pengalamannya dalam mendampingi kasus kekerasan seksual yang terjadi. Beliau juga memberikan informasi mengenai tantangan yang akan dihadapi oleh para anggota satgas yang nantinya akan bertugas dan juga benefit serta perlindungan yang perlu dipikirkan oleh Universitas kepada para anggota satgas selama menjalankan tugasnya nanti. Selanjutnya Ibu Annisa bertanya tentang karakter seperti apa yang penting untuk dimiliki oleh calon satgas nantinya. Para calon anggota pansel menjawab dengan karakter yang dikaitkan dengan value BINUS dan juga karakter tambahan lainnya seperti berkomitmen, Pak Robby selaku Student Affairs Senior Manager memberikan pertanyaan terkait kriteria dan proporsi mahasiswa yang nantinya menjadi anggota satgas.

              Berbagai masukan dan pengetahuan baru terkait dengan isu kekerasan seksual didapat melalui kegiatan Uji Publik calon anggota pansel ini. Kegiatan ini diharapkan menjadi tonggak awal dari BINUS University dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi para civitas akademik untuk berkegiatan dan menjadikan lingkungan Binus University yang bebas dari kekerasan seksual.

#Gerakbersama #Amanbersama

Ria Devita DJS (Student Advisory & Support Center)