Seminar Well-being Services SASC “Overcome Your Overthinking”

Pada hari Jumat, 26 Mei 2023 sub-unit Well-being Services Student Advisory & Support Center Kemanggisan mengadakan seminar “Overcome Your Overthinking”. Seminar yang dilaksanakan secara hybrid ini dihadiri oleh lebih dari 300 mahasiswa dari seluruh area kampus Binus, baik yang hadir secara luring di Auditorium Kampus Anggrek maupun secara daring di Zoom. Narasumber seminar ini adalah Dr. Retha Arjadi, M.Psi., Psikolog yang merupakan Psikolog klinis dan Co-founder dari Kalea Psychological Services.

Suasana seminar “Overcome Your Overthinking”

Acara seminar dibuka dengan kata sambutan dari Kak Ria Devita DJS selaku Student Advisory & Support Center Manager. Setelah itu, acara masuk ke bagian materi. Kak Retha memulai materi dengan mengadakan polling melalui Mentimeter mengenai apakah peserta pernah mengalami overthinking dan hal-hal apa yang membuat overthinking. Dari aktivitas polling, Kak Retha membahas definisi overthinking, tiga jenis overthinking, yaitu Past (Regret), Present (Wonder), dan Future (Worry), hingga perbedaan antara overthinking dan anticipating.

Kak Retha membawakan materi mengenai Overthinking

Menurut Kak Retha, penyebab overthinking bagi mahasiswa terdiri dari tiga hal: yaitu fearful (rasa takut), uncertain (ketidakpastian), dan stressful situation (situasi yang menimbulkan stres). Overthinking dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik, mental, atau bahkan mempengaruhi keduanya. Hal ini dapat menurunkan produktifitas dan well-being (kesejahteraan psikologis) mahasiswa.

Untuk mengatasi overthinking, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, yaitu:

  • Identifikasi overthinking tersebut untuk membuatnya menjadi masuk akal
  • Daripada memikirkannya, izinkan diri untuk merasakannya
  • Externalize (eksternalisasi)
  • Zoom out agar tidak fokus pada diri sendiri (self-focus) secara berlebihan
  • Lebih aktif dalam kehidupan sehari-hari

Di sesi tanya jawab, antusiasme peserta untuk bertanya sangat besar

Setelah penyampaian materi selesai dilakukan, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Antusiasme para peserta pada sesi ini sangat tinggi, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan baik melalui Zoom maupun secara langsung. Terdapat hadiah menarik yang diberikan kepada 6 orang penanya terpilih. Tak hanya itu, acara menjadi semakin menarik karena ada doorprize bagi beberapa peserta yang beruntung. Di penghujung acara, dilakukan sesi foto bersama dengan narasumber, panitia, dan peserta. Seminar kemudian ditutup dengan pertunjukan akustik spesial yang dibawakan oleh UKM Band Binus University

Demikianlah rangkuman acara Seminar “Overcome your Overthinking”. Sampai berjumpa lagi di kegiatan Student Advisory & Support Center lainnya, Binusian!

Pemberian sertifikat pembicara dan souvenir

Para panitia yang terlibat dalam Seminar “Overcome Your Overthinking”

Anka Prabitama & Rehnianty Octora (SASC)