Induksi & Briefing Calon Mentor Semester Ganjil 2023/2024

Sub-unit Mentoring Student Advisory & Support Center (SASC) Kemanggisan telah mengadakan Induksi & Briefing Mentor Semester Ganjil 2023/2024 pada hari Jumat, 09 Juni 2023 di Auditorium Kampus Binus Anggrek. Kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan arahan kepada para calon Mentor mengenai peran dan tanggung jawab yang akan mereka jalankan nantinya. Selain itu, mereka juga menjalani tahap seleksi untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya.

Suasana Induksi & Briefing Mentor Semester Ganjil 2023/2024

Induksi diawali dengan pembacaan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Hymne Binus Higher Education yang diikuti oleh seluruh peserta. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan yang dibawakan oleh Kak Lukas selaku Mentoring Section Head dan Kak Ria selaku SASC Manager. Dalam sambutan tersebut, Kak Lukas dan Kak Ria mengapresiasi serta memotivasi para calon Mentor agar dapat membimbing teman belajarnya dalam mencapai prestasi yang maksimal.

Sambutan oleh Kak Lukas selaku Mentoring Section Head

Sambutan oleh Kak Ria selaku SASC Manager

Setelahnya Kak Lukas memperkenalkan para PIC per School/Fakultas yang terdiri dari para staff Mentoring, yaitu:

  • Kak Nizar (School of Computer Science dan Faculty of Engineering)
  • Kak Idha (School of Information Systems, School of Accounting, dan Faculty of Digital Communication and Hotel & Tourism), dan
  • Kak Chastry (Binus Business School Undergraduate Program, School of Design, dan Faculty of Humanities)

Perkenalan PIC Mentor untuk masing-masing School/Fakultas

yang akan mendampingi para Mentor dalam menjalankan peran dan tanggung jawabnya selama satu semester ke depan.

Acara dilanjutkan dengan Briefing Calon Mentor yang dipimpin oleh setiap PIC. Pada sesi ini, setiap PIC menjelaskan mengenai sikap yang harus dimiliki seorang Mentor, keuntungan yang akan diperoleh dengan menjadi Mentor, kendala yang akan dihadapi, dan karakteristik tiap-tiap Mentee (teman belajar). Teknis pelaksanaan kegiatan Mentoring hingga kriteria penilaian kinerja Mentor juga dijelaskan dalam sesi ini.

Sesi Briefing Calon Mentor yang dibawakan oleh PIC Mentor

Para calon Mentor kemudian diminta untuk mengerjakan case study dan tes seleksi. Apabila mereka lulus dalam seleksi ini, mereka akan menerima email konfirmasi kelulusan dan melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu Training Pembekalan Mentor Semester Ganjil 2023/2024. Bagi yang belum lulus, mereka diharapkan dapat mempertahankan prestasi yang telah dicapai untuk dapat mendaftarkan diri di periode berikutnya.

Calon Mentor sedang mengerjakan tes seleksi

Dengan dilakukannya kegiatan ini, diharapkan para calon Mentor mendapatkan gambaran mengenai kegiatan mentoring yang akan mereka jalani, dan kemudian mampu membimbing teman belajarnya untuk mencapai prestasi yang maksimal dalam kegiatan perkuliahan.

Anka Prabitama Adia (SASC)