Halo Teman-teman ADik… (Engagement Program SASC Khusus Penerima Beasiswa ADik)

“Halo, Teman-teman ADik” merupakan kegiatan yang diadakan oleh sub-unit Study Resources Student Advisory and Support Center pada hari Jum’at, 23 Juni 2023 di Kampus Anggrek Ruang (302) Creative Class. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan agar para penerima beasiswa ADik dapat saling mengenal satu sama lain dan juga lebih memahami terkait support serta dukungan yang bisa mereka dapatkan selama mereka berkuliah di BINUS University. Kegiatan yang dilakukan secara hybrid  ini melibatkan 14 (empat belas) peserta dari berbagai area kampus. Mengingat acara ini adalah bagian dari engagement maka kegiatan dibuka dengan permainan bernama BINGO sebagai ice breaking yang memfasilitasi para peserta untuk dapat saling mengenal satu sama lain dan tentunya berhadiah untuk 3 (tiga) peserta yang berhasil mendapatkan BINGO tercepat.

Kak Adit sedang membawakan game BINGO yang diikuti oleh para peserta

Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan dari Kak Aditya dari Study Resources SASC mengenai layanan yang bisa didapatkan oleh para mahasiswa penerima beasiswa terutama terkait dengan layanan yang ada di Student Advisory and Support Center seperti layanan konseling baik akademik maupun non akademik, mentoring, study resources dan disability services. Penjelasan mengenai layanan ini bertujuan agar para mahasiswa penerima beasiswa ADik ini bisa mengetahui dukungan yang bisa didapatkan jika mereka mengalami kendala dalam menjalankan perkuliahan.

Mengingat kegiatan juga bertujuan untuk mengetahui persiapan dalam menghadapi UAS (Ujian Akhir Semester) maka dalam kegiatan ini, para peserta juga diminta untuk menilai kesiapan dan keyakinan mereka dalam menjalani UAS. Pada sesi ini teman-teman melakukan aktifitas dengan mentimeter.com, dimana perserta diminta menjawab 2 (dua) pertanyaan, yakni persiapan apa saja yang sudah dilakukan untuk menghadapi UAS dan seberapa yakin memperoleh hasil UAS yang maksimal. Melalui aktifitas tersebut, terlihat berbagai jawaban persiapan dari teman-teman, seperti review Kembali materi, sharing materi, belajar dengan teman, berdoa, healing, dan latihan soal. Selanjutnya terkait tingkat keyakinan dari hasil UAS, teman-teman memberikan jawaban tertinggi pada “Sangat Yakin”, namun juga terdapat jawaban “Sangat Tidak Yakin”. Melalui aktifitas ini terlihat bagaimana kesiapan peserta dalam menghadapi UAS.

Setelah mengetahui kesiapan dari para peserta kemudian Kak Fika dari Academic Counselor (Academic Monitoring Sec.Head) yang menjelaskan mengenai cara-cara mengatasi kecemasan dalam menghadapi ujian. Selain mengenali kondisi-kondisi apa yang bisa berpengaruh pada kecemasan, Kak Fika juga menjelaskan faktor/sumber serta dampak dari kecemasan yang muncul. Tidak hanya sumber dan kecemasan yang diperkenalkan namun juga tips dalam mengatasi kecemasan yang muncul tersebut. Sebagai penutup, Kak Fika mempraktekkan cara untuk bisa fokus dengan teknik grounding dan “Lilin dan Bunga” sebagai salah teknik untuk bisa lebih fokus pada kondisi saat ini dan tidak sibuk dengan pikiran lain yang membuat para mahasiswa menjadi cemas dalam menghadapi ujian akhir ini nantinya. Para peserta juga diberikan cara perhitungan nilai agar bisa membuat target terhadap capaian nilai yang sudah diraih baik secara grade maupun nilai akhir (IPK dan IPS). Tujuannya agar mahasiswa dapat mengoptimalkan hasil studinya sesuai dengan target nilai yang ingin dicapai.

Kak Fika mempraktekkan teknik “grounding” kepada para peserta

Kegiatan ditutup oleh Kak Ria selaku Student Advisory and Support Center Manager yang mengingatkan kembali tujuan dari para penerima beasiswa ADik ini untuk berkuliah di BINUS University. Diiharapkan para peserta nantinya bisa lebih terbuka dan saling support satu sama lain sebagai sesama penerima beasiswa ADik. Kebanyakan dari para peserta berasal dari luar Jakarta sehingga membutuhkan adaptasi lebih dalam menyesuaikan diri namun diharapkan melalui kegiatan ini para peserta dapat saling mengingatkan dan memotivasi untuk bisa selesai studi tepat waktu di BINUS University sehingga dapat kembali ke daerah asal dan mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat selama berkuliah di BINUS University.

Interaksi yang dilakukan Kak Ria dengan para peserta

Menutup kegiatan tersebut Kak Aditya merangkum secara singkat kegiatan dan memberikan poin tujuan dan harapan bagi para penerima beasiswa khususnya penerima Beasiswa Adik. Para mahasiswa diminta untuk aktif dan tidak perlu ragu untuk datang langsung ke SASC jika terdapat hal yang membutuhkan info dan bantuan. Kemudian dilakukan foto bersama untuk dokumentasi kegiatan dan pembagian souvenir bagi para peserta yang hadir secara langsung.

Aditya Charisma Permadi (SASC)