Event House of Scientia “Field Trip to Galeri Indonesia Kaya”

Penerapan teknologi saat ini tidak hanya berdiri sendiri di satu bidang ilmu seperti Teknik Informatika atau Sistem Informasi. Berbagai bidang ilmu mulai berkolaborasi dengan teknologi untuk menghasilkan karya atau pengetahuan yang dapat dinikmati oleh masyarakat. Dengan perkembangan ilmu tersebut, House of Scientia (HoS) yang merupakan salah satu program Housing di BINUS Square mengadakan kegiatan ‘Field Trip to Galeri Indonesia Kaya’ pada hari Jumat, 16 Juni 2023 yang berlokasi di BINUS Square dan Mall Grand Indonesia.

Kegiatan HoS ini diikuti oleh anggota House of Scientia yang ingin mempelajari perkembangan teknologi yang berkolaborasi dengan seni. Sebelum peserta berangkat ke Galeri Indonesia Kaya, Kak Sita sebagai salah satu dari pembina House of Scientia membuka sesi dan memberikan informasi mengenai tugas pembuatan vlog yang dapat peserta lakukan di akhir sesi. Kak Sita juga mempersilakan pembicara Ibu Sheilla Puspita yang berprofesi sebagai Dosen Animasi BINUS University untuk menjelaskan mengenai ‘Evolusi Komunikasi Visual Berdasarkan Teknologi’. Dalam materi yang disampaikan, pembicara menjelaskan tentang tampilan yang menarik bagi beberapa produk yang ada saat ini hingga perkembangan bentuk huruf yang digunakan sejak jaman dulu hingga sekarang.

Setelah sesi seminar selesai, panitia mengajak peserta untuk berangkat ke Mall Grand Indonesia yang menjadi lokasi dari Galeri Indonesia Kaya. Galeri Indonesia Kaya adalah ruang publik yang memadukan konsep edukasi dan digital dengan tujuan untuk memperkenalkan dan mengapresiasi seni-budaya Indonesia khususnya kepada generasi muda. Dalam galeri ini pengenalan budaya Indonesia dipadukan dengan teknologi yang membuatnya menjadi lebih menarik dan interaktif bagi pengunjung. Setibanya di Galeri Indonesia Kaya, panitia dan peserta masuk ke dalam bersamaan lalu peserta mulai mengeksplor berbagai macam atraksi gamification yang tersedia. Peserta juga membuat vlog mengenai satu atau beberapa atraksi.

Selesai keliling area galeri, peserta berfoto bersama dengan pembicara dan panitia di depan lokasi galeri untuk mengabadikan akhir dari rangkaian kegiatan House of Scientia.

Cecilia Astri Piona Simbolon