Be An Amazing Trainer: Pembekalan Associate Trainer 2023

Pada Jumat, 23 Juni 2023, Student Development Center (SDC) telah menyelenggarakan sebuah pelatihan bertajuk Be An Amazing Trainer dalam rangka membekali Binusian yang mengemban peran sebagai Associate Trainer pada periode seleksi tahun 2023. Acara yang berlangsung secara hybrid ini diikuti secara onsite oleh delapan (8) Associate Trainer, bertempat di BINUS University @Anggrek Campus; serta dua (2) lainnya mengikuti secara online dari BINUS University @Bandung Campus.

Kesepuluh Associate Trainer tersebut hadir dari berbagai area kampus di Greater Jakarta dan Bandung guna mendapatkan ilmu mengenai cara-cara menjadi trainer yang memiliki dampak positif bagi peserta training, agar nantinya dapat menjadi bekal saat mereka mengajar pada berbagai program pengembangan soft skills di seantero BINUS University.

Dalam kegiatan pembekalan ini, para Associate Trainer mendapatkan materi dari SDC Manager, Kak Yan Andre Peranginangin, dibantu oleh tim Learning Development dari SDC: Kak Kezia, Kak Fika, dan Kak Arfi. Kak Yan menyoroti berbagai hal yang perlu diperhatikan saat nantinya membawakan sesi pelatihan, termasuk komunikasi nonverbal, komposisi materi, serta cara-cara menghadapi pertanyaan dari peserta.

Program Associate Trainer yang digawangi oleh SDC ini merupakan sebuah wadah untuk memberdayakan Binusian yang memiliki potensi tinggi sebagai trainer, menyukai dunia pelatihan, atau bahkan memiliki aspirasi untuk menjadi trainer secara profesional selepas kelulusannya dari BINUS University. Setelah melewati tahap seleksi yang ketat, terpilih dua belas (12) Binusian yang akan menjalani serangkaian program persiapan sebelum nantinya terjun mengajar dan memfasilitasi beragam kegiatan pelatihan seru yang akan dirancang oleh SDC untuk kemajuan dan perkembangan BINUS Graduate Attributes.

Harapannya, para Associate Trainer, atau disingkat AT, akan memiliki kemampuan yang optimal dalam memberdayakan diri sendiri, segenap Binusian, serta masyarakat di masa mendatang. Hal ini tentu saja selaras dengan visi Bina Nusantara, fostering and empowering the society in building and serving the nation.

Arficano T. Rizavi - Learning Development