Pesona Ramadhan “Guyub itu Indah”

Dalam rangka menumbuhkan rasa kekeluargaan antar umat beragama di BINUS Square, Program Development Center (PDC) BINUS Square bekerja sama dengan Teach For Indonesia (TFI) BINUS University mengadakan sebuah kegiatan yang bertajuk Pesona Ramadhan: “Guyub Itu Indah” yang telah dilaksanakan pada hari Senin, 3 April 2023.

Bertempat di Exhibition Hall, BINUS Square, kegiatan ini diikuti oleh 19 orang Boarder yang secara sukarela mempersiapkan dan akan membagikan takjil kepada masyarakat di bulan Ramadhan ini. Dalam kegiatan ini, Boarder yang telah bersedia menjadi volunteer tersebut dibagi ke dalam 5 kelompok dimana setiap kelompok terdiri dari 3-4 orang. 1 hari sebelum kegiatan ini dilaksanakan, PDC selaku Pembina Boarder BINUS Square, mengadakan briefing untuk menginformasikan beberapa hal penting terkait koordinasi dan pembagian tugas nantinya. Pada saat briefing, selain alokasi kelompok, diinformasikan juga untuk setiap kelompok menyiapkan 1 buah Melon dan 1 kg buah Apel serta peralatan lain yang dibutuhkan untuk pembuatan takjil yaitu es buah. Dijelaskan pula terkait pembagian lokasi pemberian takjil, yaitu akan dilakukan di 2 area, di depan area BINUS Square dan di area Kampus Syahdan.

Di awal kegiatan, peserta berkumpul di area Exhibition Hall untuk bersama-sama memotong buah melon dan apel yang telah disiapkan. Buah yang telah dipotong dan disiapkan akan ditambahkan jelly, selasih, sirup, air dan es batu dari panitia kemudian dituangkan ke dalam gelas yang akan dibagikan kepada pengguna jalan raya yang melintas di depan BINUS Square dan Kampus Syahdan. Tidak hanya es buah yang telah dipersiapkan oleh para boarder volunteer, namun juga disiapkan snack berbuka yaitu gorengan yang sudah lebih dahulu dikemas dalam plastik terpisah.

Setelah selesai menyiapkan takjil, peserta mulai membagikan takjil sesuai lokasi pembagian yang telah ditentukan.

Dari kegiatan ini diharapkan peserta belajar bekerja sama satu sama lain dan dapat menumbuhkan kepedulian dan tolerasi terhadap sesama. Di akhir kegiatan, semua peserta berkumpul kembali di Exhibition Hall untuk beristirahat sejenak dan melakukan foto bersama sebagai bentuk berakhirnya acara.

Cecilia Astri Piona Simbolon