Leaderless Group Discussion Calon Kandidat FYP Leader B2027, BINUS Bekasi

Dalam rangka persiapan sekaligus menyambut First Year Program (FYP) BINUSIAN 2027, saat ini telah memasuki tahap rekrutmen dan seleksi First Year Program Leader (FYPL) BINUSIAN 2027. Hal ini juga berlangsung di kampus BINUS @Bekasi, yang dilakukan oleh Student Support Office (SSO) Bekasi.

Proses rekrutmen dan seleksi sendiri akan melalui 3 tahapan. Pertama, calon kandidat mendaftar & selanjutnya akan di seleksi awal oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) masing – masing dibantu oleh FYPL yang telah menjabat ditahun sebelumnya. Kedua, calon kandidat yang lolos akan diinterview oleh Student Support Office (SSO). Tahap akhir, calon kandidat yang lolos interview oleh SSO akan diundang untuk melakukan LGD atau Leaderless Group Discussion.

Proses pendaftaran FYPL B2027 ini dilaksanakan pada tanggal 20 Januari – 9 Februari 2023, dilanjutkan tahap interview SSO tanggal 20 – 24 Februari 2023 bagi mahasiswa yang lolos seleksi dan mahasiswa yang lolos tahap interview mengikuti LGD tanggal 2 – 3 Maret 2023.

Pada tahap LGD, calon kandidat dibagi kedalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4-7 orang. Selanjutnya setiap kelompok diberikan sebuah kasus untuk dibahas. Setiap kandidat akan diminta menuliskan jawaban pribadinya, dilanjutkan dengan diskusi kelompok. Setiap kandidat dan kelompok LGD memiliki waktu atau durasi yang sama untuk proses diskusi. Proses diskusi ini dilakukan tanpa adanya penunjukan fasilitator/ ketua kelompok. Tahap LGD merupakan seleksi akhir untuk para kandidat FYPL yang akan bertugas nantinya. Diharapkan FYPL memiliki cara pandang yang cukup luas dan beragam dalam memandang setiap permasalahan yang muncul dilapangan. Mengingat tugas/peran First Year Program Leader (FYPL) merupakan koordinator dari para Freshmen Leader (FL) dan Freshmen Partner (FP), dan nantinya FYPL akan memimpin kelompok FL dan FP sesuai program studi/program-nya masing-masing.

Proses rekrutmen dan seleksi FYPL BINUSIAN 2027 di kampus Bekasi ini diikuti oleh 39 mahasiswa dari 6 Fakultas atau Sekolah yang ada di Bekasi dan diikuti oleh BINUSIAN 2025 dan BINUSIAN 2026. Dari 39 mahasiswa yang mengikuti proses seleksi akan dipilih 6 mahasiswa yang akan menjadi FYP Leader B2027 di kampus Bekasi dan mewakili Fakultas atau Sekolahnya masing – masing, yaitu School of Information System, School of Accounting, Faculty of Humanities, BINUS Business School, School of Computer Science, dan Faculty of Digital Communication and Hotel & Tourism.

Badar Rahmat Trihari, S.Psi