BINUS Goes To PILMAPRES 2023

Pada tanggal 17 Maret 2023, BINUS University, Student Club and Activity Center (SCAC) telah melaksanakan acara Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) tahun 2023 Tingkat Universitas. Acara dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Johan, S.Kom., MM. (Vice Rector of Student Affairs and Community Development) dalam sambutan Beliau menyampaikan bahwa seleksi ini bertujuan mencari satu kandidat terbaik di antara yang terbaik untuk mewakili BINUS University berkompetisi ditingkat LLDIKTI sampai Nasional dengan Mahasiswa terbaik dari Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Peserta PILMAPRES tingkat Universitas terdiri dari 7 kandidat terbaik yang sebelumnya telah diseleksi dari fakultas yang ada di BINUS University, antara lain:

  • Annisa Saptayulia Belvanugraha – Faculty of Engineering
  • Delviana Pramata – Faculty of Humanities
  • Edward Hartanto Enrico Abadi – School of Information Systems
  • Jessica Christabel Gan – School of Design
  • Maevy Marvella – School of Computer Science
  • Olivia Valentina – Faculty of Digital Communication and Hotel & Tourism
  • Thalea Christy Nathaniela – Binus Business School Undergraduate

Para kandidat melakukan persentasi Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang telah dipersiapkan dari sejak kandidat dinyatakan lolos menjadi Mahasiswa Berprestasi (MAPRES) tingkat fakultas, didampingi Dosen yang kompeten dalam bidangnya. Sesi persentasi KTI dipandu oleh dua panelis yang sudah terbukti memiliki track record dalam bidang ilmiah, yakni Prof. Dr. Juneman Abraham, S.Psi., M.Si – Psychology dari Research Interest Group Leader – Research & Technology Transfer dan Dr. Elidjen, S.Kom., MInfoCommTech. Peserta diberikan waktu 5 menit untuk mempresentasikan KTI dilanjut 5 menit sesi tanya jawab dengan panelis.

Berikutnya dilanjutkan dengan sesi Impromptu Speech, di mana kandidat diberikan topik tertentu. Dilanjutkan dengan kandidat mempersiapkan paparan dari topik tersebut, kemudian memaparkan topic tersebut selama 3 menit. Berikutnya kandidat akan menerima sanggahan/pertanyaan dari kandidat lain dan panelis. Panelis dalam sesi Impromptu Speech final PILMAPRES kali ini adalah Dr. Franklin G. Talaue, M.A.Engl. dari Language Center Manager – Language Center BINUS @ Senayan dan Wishnoebroto, S.Pd., M.Hum., MA. dari Product Development Senior Officer – Digital Language Learning Center). Sesi ini bertujuan untuk menilai kemampuan Bahasa Inggris para kandidat.

Setelah penjurian dan rapat Dewan Juri, maka ditetapkan juara Mahasiswa Berprestasi tingkat Universitas tahun 2023 kali ini adalah Edward Hartanto Enrico Abadi dari School of Information Systems. Serta dalam seleksi tingkat Universitas ini terdapat kategori juara Mawapres Favorit yang penentuannya berdasarkan voting oleh Binusian, dan yang mendapat juara Mawapres Favorit kali ini adalah Thalea Christy Nathaniela dari Binus Business School Undergraduate.

Ahmad Fikron Maulida, S.E.