Training Pembekalan Mentor/Tutor Semester Genap 2022/2023

Mentor/Tutor adalah mahasiswa yang akan membantu teman-temannya yang masih memiliki kesulitan dalam mencapai standar prestasi akademis yang ditentukan oleh BINUS University. Seorang Mentor akan mengelola kegiatan mentoring yang dilaksanakan dengan membentuk kelompok belajar dan berdiskusi mengenai kesulitan yang dialami oleh setiap teman belajarnya. Sementara Tutor akan mengelola kegiatan tutoring yang dilaksanakan dalam satu kelas besar untuk membantu teman-teman yang membutuhkan tutorial dari mata kuliah tertentu.

Sebelum menjalankan peran mereka sebagai mentor/tutor selama 1 semester, para calon mentor/tutor ini dibekali oleh berbagai macam kegiatan untuk meningkatkan soft skill mereka. Pada hari Jumat, 10 Februari 2023, sub-unit Mentoring Student Advisory & Support Center bersama dengan Student Development Center mengadakan training pembekalan mentor yang bertempat di Kemanggisan, Senayan, Alam Sutera, dan Bekasi Campus untuk para mentor yang akan bertugas di Semester Genap 2022/2023.

Topik yang dibawakan pada training pembekalan mentor kali ini terdiri dari training “Self-Lution” dan “Communicating with Others”. Tujuan dari kedua topik ini adalah agar para mentor memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan secara proaktif, serta dapat berkomunikasi dengan orang lain terutama para mentee dengan baik.

Kegiatan Mentor Training “Self-Lution”

Pada training “Self-Lution” materi yang disampaikan meliputi langkah-langkah problem solving dan decision making, dampak positif dan negatif dari suatu konflik, strategi manajemen konflik, cara-cara untuk menjadi lebih proaktif. Diharapkan setelah mengikuti training ini para mentor dapat menyelesaikan permasalahan yang akan dihadapi oleh para mentor selama menjalankan tugas nantinya.

Kegiatan Mentor Training “Communicating with Others”

Sedangkan pada sesi “Communicating with Others”, para calon mentor ini belajar mengenai bagaimana mempersuasi dan melakukan negosiasi, membangun kredibilitas, cara memberikan/menerima feedback, serta tips berkomunikasi dengan baik melalui media texting seperti Line/WA. Melalui training ini, para mentor/tutor memiliki bekal untuk bisa menjalin komunikasi dengan para mentee dan pihak yang terlibat dalam proses mentoring ini seperti PIC Mentoring.

Kegiatan group discussion yang sedang berlangsung

Kegiatan ini dibawakan secara interaktif dengan menggunakan berbagai macam metode penyampaian materi seperti: games, case scenario, group discussions, dan lecturing. Kegiatan training diawali dengan game “Time Bomb” atau “Let’s Count and Don’t Stop” untuk membangun kebersamaan antar peserta serta mencairkan suasana. Selain itu diadakan juga group discussion dimana para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, lalu setiap kelompok harus mendiskusikan case scenario yang dibagikan, kemudian hasilnya dipresentasikan.

Melalui kegiatan pembekalan berupa training ini diharapkan para Mentor/Tutor menjadi lebih siap dalam menjalankan peran dan tanggung jawabnya, sehingga kegiatan mentoring dapat berjalan dengan lancar dan mencapai hasil yang diharapkan.

Anka Prabitama Adia (Student Advisory & Support Center)