Rector Cup 2022

BINUS @Kemanggisan kembali menjadi juara umum pada Rector Cup Ke-5, dengan perolehan medali 4 medali emas, 3 medali perak dan 3 medali perunggu. Ini ketiga kalinya BINUS @Kemanggisan menjadi juara umum Rector Cup yang dimulai pada tahun 2020, 2021 dan 2022. Kegiatan Rector Cup 2022 dimulai dari tanggal 7 November sampai tanggal 11 November 2022 yang terpusat di BINUS @Alam Sutera dan untuk cabang perlombaan Badminton diadakan di BINUS @Kemanggisan, Hall Syahdan Lantai 3, Kampus Syahdan.

Opening Rector Cup diadakan pada hari Senin, 7 November 2022 di GOR BINUS @Alam Sutera. Kegiatan dimulai dengan penampilan dari UKM Beladiri Hapkido dilanjutkan oleh penampilan dari UKM Wushu dan setelah itu penampilan dari UKM Stamanara. Setelah penampilan dari Stamanara Master of Ceremony (MC) memanggil para peserta dari seluruh area kampus BINUS yang terdiri dari BINUS @Alam Sutera dan diikuti oleh teman-teman dari BINUS ASO School of Engineering (BASE), BINUS @Bandung, BINUS @Bekasi, BINUS @Malang, BINUS @Senayan dan BINUS @Semarang. Dan selanjutnya juara bertahan Rector Cup 2021 BINUS @Kemanggisan, pada defile atlet dari BINUS @Kemanggisan ada Ibu Dr. Reina, S.Kom, MM. (Campus Director of BINUS @Kemanggisan) yang membawa piala bergilir Rector Cup dan selanjutnya diikuti oleh atlet-atlet dari BINUS @Kemanggisan.

Setelah semua defile atlet dipanggil masuk kedalam GOR Alam Sutera semua tamu undangan, atlet dan penonton dari setiap area kampus berdiri untuk berdoa Bersama dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Perguruan Tinggi Bina Nusantara. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan laporan dari Andrey Gunadi yang merupakan Ketua Rector Cup 2022, dalam laporan ini Andrey menyampaikan beberapa informasi terkait pelaksanaan Rector Cup 2022, jumlah cabang perlombaan dan pertandingan yang terdiri dari Pertandingan Onsite ada Badminton, Basket dan Futsal, ada pertandingan E-Sport PUBG Mobile, Valorant dan Mobile Legend dan perlombaan Dance, Band dan Photography.

Pada laporan ini Andrey Gunadi juga menyampaikan beberapa inovasi yang dilakukan pada Rector Cup 2022 ini, diantaranya adanya official soundtrack untuk Rector Cup dengan judul Kemenangan yang Mulia, website Rector Cup di https://student-activity.binus.ac.id/rectorcup/ dan penjualan merchandise Rector Cup.

Selanjutnya Silvia Ratih dari cabang olahraga Badminton memimpin para atlet untuk membacakan janji atlet didepan Rector BINUS University sebagai bentuk komitmen para peserta untuk bertanding dan berlomba dengan penampilan yang terbaik dan sungguh-sungguh akan tetapi tetap menjunjung nilai persahabatan dan sportifivitas.

Opening Rector Cup 2022 diresmikan secara langsung oleh Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM. (Rector of BINUS University). Kegiatan ini diresmikan dengan pemukulan gong sebanyak lima kali sebagai pertanda bahwa Rector Cup 2022 merupakan penyelenggaraan yang kelima. Dalam sambutannya Bapak Rektor sangat mendukung kegiatan ini berjalan dan berharap BINUSIAN termotivasi untuk selalu berprestasi dan menghimbau Binusian tidak hanya fokus dengan prestasi akademik tetapi juga punya semangat juang untuk berprestasi dibidang non akademik. Pak Rektor juga mengundang Ketua Rector Cup 2022 untuk maju dan berdiri disamping Bapak Rektor sebagai bentuk apresiasi Bapak Rektor terhadap penyelenggaraan event Rector Cup 2022 ini. Setelah peresmian Opening Rector Cup 2022, official soundtrack Rector Cup 2022 dinyanyikan langsung oleh UKM Bersama Dalam Musik yang berkolaborasi dengan UKM Band. Rector Cup 2022, The Cup is the Way Up.

Kemeriahan Opening Rector Cup 2022 masih tetap terasa sampai Closing Ceremony Rector Cup dilakukan, pada tanggal 11 November 2022, Closing Rector Cup dimulai dengan pertandingan cabang olahraga Basket antara tim BINUS @Alam Sutera berhadapan dengan BINUS @Kemanggisan. Pertandingan final tahun ini berlangsung dengan menarik tim basket BINUS @Kemanggisan berhasil menang dengan skor 38 – 39 setelah three point dari Sabastian di detik Sembilan menjelang pertandingan usai. Setelah pertandingan final berlangsung dilanjutkan dengan laporan dari Ketua Rector Cup 2022.

Pada Closing Ceremony ini Rektor BINUS University memberikan langsung piala bergilir Rector Cup 2022 kepada Edgard Kapten Tim Basket BINUS @Kemanggisan dan didampingi oleh Ibu Dr. Reina, S.Kom, MM selaku direktur kampus BINUS @Kemanggisan.

Sukses selalu untuk Rector Cup di BINUS University, Rector Cup 2022, The Cup is the Way Up!

Rahmat Ilahi, S.Pd.