Metamorphose Ace-ing Recruitment

Program Development Center (PDC) BINUS Square dan tim Recruitment Human Capital (HC) BINUS University berkolaborasi dalam kegiatan Metamorphose 2022. Metarmorphose tahun ini bertajuk Ace-ing Recruitment. Tujuan dari rangkaian kegiatan Metamorphose Ace-ing Recruitment adalah memberikan pembekalan kepada Boarder BINUS Square terkait persiapan yang perlu dilakukan untuk mempersiapkan diri menjalani Internship Program (2+1+1) yang akan berlangsung di bulan Februari 2023 mendatang. Metamorphose ini juga ditujukan bagi Boarder yang segera akan lulus dan memasuki dunia kerja. Pembekalan ini berupa komunikasi profesional (etika & body language), mempersiapkan CV / Portofolio, serta persiapan dalam menghadapi wawancara kerja.

Rangkaian kegiatan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diadakan pada 18 Oktober 2022 dengan judul kegiatan “How to be Outstanding Applicant and Professional Communication Tips”. Materi yang disampaikan dalam sesi pertama ini berisikan hal-hal yang diperhatikan oleh seorang Recruiter agar dapat menjadi pelamar kerja yang menonjol di mata recruiter. Tim HC melalui Kak Ezra Redo meberikan materi menyusun CV yang baik dan tips etika dalam interview kerja. Tips-tips yang diberikan sangat relevan karena berdasarkan pengalamannya menghadapi pelamar-pelamar kerja. Sesi pertama ini dilakukan secara online melalui Zoom.

Sesi kedua dilakukan secara tatap muka, yaitu di ruangan Redwood BINUS Square pada 20 Oktober 2022. Judul sesi kedua adalah “Preparation for Outstanding CV / Portfolio and Interview Simulation. Dalam sesi ini, peserta dapat mempelajari hal-hal penting ketika membuat CV / Portofolio dalam coaching group secara intens oleh kakak-kakak Recruiting team dari HC BINUS University. Masing-masing Coach menjelaskan dan mereview CV yang telah dibuat dan dipersiapkan sebelumnya oleh peserta. Peserta juga berkesempatan untuk melakukan simulasi wawancara kerja secara langsung.

Pada sesi coaching seperti yang dilakukan dalam Metamorphose sesi 2, peserta bisa bertanya langsung dan memiliki gambaran praktis mengenai seperti apa situasi dan hal-hal yang dapat terjadi dalam interview kerja melalui simulasi wawancara. Metamorphose sesi 2 kemudian ditutup dengan berfoto bersama dan dilanjutkan pengisian kuesioner kegiatan sebagai feedback untuk perbaikan pelaksanaan kegiatan-kegiatan berikutnya dimasa depan.

Naomi Chrisant Wulandari