First Year Program (FYP) Opening BINUSIAN 2026, BINUS University

BINUS University, 18 Juli 2022, melaksanakan acara “FYP Opening BINUSIAN 2026” serentak di seluruh regional kampus, yakni: BINUS @Kemanggisan, BINUS @Senayan, BINUS @AlamSutera, BINUS @Bekasi, BINUS @Bandung, BINUS @Semarang dan BINUS @Malang. Acara dimulai tepat pada Pkl. 14.00 hingga 17.00.

Acara ini merupakan acara resmi untuk menyambut para BINUSIAN 2026 sebagai langkah awal menjadi bagian dari komunitas BINUSIAN di BINUS University dalam menjalankan seluruh program yang telah dirancang dalam kegiatan FYP, yang memiliki 5 fase penting, yaitu:

  • Orientation and Transition Program
  • Week of Welcoming
  • Academic Experience
  • Inauguration
  • Excellence Program

Pembukaan acara FYP Opening BINUSIAN 2026 dilakukan di BINUS @kemanggisan dengan menyapa para hadirin yang berada di seluruh regional kampus BINUS University melalui live streaming dan online Zoom. Kemudian acara dilanjutkan dengan Parade Nusantara. Parade ini diawali dengan arakan pimpinan kampus menuju podium dan menyapa para Freshmen yang hadir. Masing-masing regional kampus mengenakan pakaian adat yang berbeda, mewakili budaya dari beberapa kepulauan besar yang ada di Indonesia, seperti:

  • BINUS @Kemanggisan : Pulau Sumatera
  • BINUS @Senayan : Pulau Sulawesi
  • BINUS AlamSutera : Pulau Jawa
  • BINUS @Bekasi : Pulai Bali
  • BINUS @Bandung : Pulau Kalimantan
  • BINUS @Semarang : Jawa Tengah
  • BINUS @Malang : Nusa Tenggara Barat dan Timur

Kemudian acara berlanjut dengan berdoa bersama, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Perguruan Tinggi Bina Nusantara. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan dari Ir. Bernard Gunawan (CEO of BINUS Group) dan Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. (Rector of BINUS University) dan Johan, S.Kom., M.M. (Vice Rector of Student Affairs and Community Development, BINUS University).

Dalam sambutan yang telah disampaikan, terdapat pesan agar para Freshmen BINUSIAN 2026, dapat melaksanakan kegiatan FYP dengan baik, sungguh-sungguh dan persiapan perkuliahan yang akan dibantu oleh para Freshmen Leader (FL) hingga lulus tepat waktu serta memberikan manfaat kepada masyarakat di Indonesia melalui inovasi dari ilmu pengetahuan yang telah didapat.

Setelah pemberian kata sambutan dari pimpinan, acara dilanjutkan dengan sesi peresmian Freshmen BINUSIAN 2026, secara simbolis dengan pemberian lanyard dan ID Card BINUSIAN yang diberikan oleh pimpinan masing-masing regional kampus BINUS University kepada perwakilan Freshmen BINUSIAN 2026.

Acara ini didukung oleh BINUS TV, Information and Technology (IT), Corporate Marketing Communication (CMC), Knowledge Management (KM), BINUS Digital, Organisasi Kemahasiswaan BINUS University yakni: Bersama Dalam Musik (BDM), Paduan Suara Mahasiswa Bina Nusantara (PARAMABIRA), Seni Tari Mahasiswa Bina Nusantara (STAMANARA), Seni Teater Mahasiswa Bina Nusantara (ST Manis), Klifonara, Hapkido, Sepak Bola dan Basket BINUS dan seluruh civitas akademi BINUS University dari Faculty dan School.

Candy Reggi Sonia, S.Ds., M.Ds.