Creative Presentation Design “The Essentials”

Pada hari selasa, 31 Mei 2022 House of Clipa BINUS Square mengadakan kegiatan bertajuk Creative Presentation Design “The Essentials”. Di awal acara, MC acara yaitu Wiles Lim yang merupakan salah satu anggota House of Clipa membuka kegiatan dengan menyapa peserta dan membawakan doa pembuka. Wiles kemudian memperkenalkan pembicara pada kegiatan ini yaitu Pak Danu Widhyatmoko yang merupakan BINUS Digital Senior Manager.

Sesuai dengan judulnya, kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan pengetahuan dasar dan hal-hal yang esensial dalam proses penyusunan materi secara kreatif untuk kemudian dipresentasikan di hadapan khalayak.  Dengan mengikuti kegiatan ini, para peserta berkesempatan untuk belajar dasar-dasar design presentasi sekaligus cara presentasi yang baik dan menarik. Pembicara menekankan para peserta untuk mengasah kemampuan storytelling dari visualisasi yang ingin kita tampilkan.

Dalam proses peyusunan design presentasi sendiri banyak aspek yang harus kita perhatikan demi sebuah tampilan visual yang menarik. Hal-hal tersebut diantaranya adalah perpaduan warna, font, tata letak, dan pemilihan foto atau visualisasi yang sesuai. Untuk menyusun pesan dari materinya, kita dapat menggunakan rumus 5W+1H yaitu apa isi presentasi ini, mengapa presentasi ini penting diberikan, kepada siapa presentasi ini disajukan, kapan waktu durasinya, di mana materi ini dipresentasikan, dan bagaimana mempresentasikan materi ini.

Setelah sesi presentasi, acara lalu memasuki sesi tanya jawab. Peserta dengan antusias menanyakan berbagai hal yang terkait dengan penyusunan materi dan presentasi. 3 orang penanya terbaik yaitu Hillary, Luise dan Dian Karina berhak untuk mendapatkan hadiah menarik. Acara kemudian dilanjutkan dengan foto bersama dan pengisian kuesioner evaluasi event supaya menjadi masukan bagi penyelenggara dalam menggelar kegiatan sejenis di masa mendatang.

Naomi Chrisant Wulandari