BINUS FESTIVAL Semester Genap 2022-2023

20 Mei 2022, Pkl. 07.20 – 09.00, BINUS University, BINUS @AlamSutera, telah dilaksanakan acara “BINUS Festival (BiFest) Sesi ke 1 Semester Genap 2021/2022” oleh Student Club & Activity Center (SCAC). Acara BiFest sesi pertama pada periode semester genap 2021/2022 berlangsung sangat istimewa karena bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional. BINUS Festival merupakan serangkaian kegiatan rutin yang diselenggarakan BINUS University untuk meningkatkan kreatifitas, kemampuan berfikir kritis dan inovasi Binusian.  Acara ini merupakan kali kedua yang dilakukan di semester genap dan yang membedakan BINUS Festival kali ini tidak hanya kegiatan yang bersifat seminar, dan workshop tetapi juga ada kegiatan organisasi kemahasiswaan.

Acara dibuka dengan penampilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa STAMANARA (Seni Tari Mahasiswa Bina Nusantara), kemudian dilanjutkan sesi talkshow. Dalam sesi talkshow dihadiri oleh dua pembicara, untuk pembicara pertama Ibu Rahmi Yulia Ningsih selaku Dosen BINUS University, Duta Bahasa Nasional, dan pembina Duta Bahasa BINUS. Beliau membawakan topik makna hari Kebangkitan Nasional, makna Nasionalisme, dan juga arti cinta Indonesia. Bagi beliau walaupun BINUS tidak memiliki jurusan Bahasa tetapi cinta kepada Bahasa Indonesia dan ditunjukan melalui Duta Bahasa BINUS. Komunitas BACA (BINUSIAN Cinta Bahasa) dari semua jurusan, komunitas BACA bergerak dibidang Bahasa misalnya menulis sastra, menulis fiksi, menulis non-fiksi, dan lomba-lomba yang terkait dengan kebahasaan. Komunitas BACA ini pelopor pengenalan Bahasa Indonesia, pembinaan dan pengembangan Bahasa Indonesea di BINUS. Menurut Ibu Rahmi yang harus dilakukan generasi muda saat ini adalah menjadikan Hari Kebangkitan Nasional sebagai alarm membangunkan kita untuk kembali bangkit membangun Bangsa, membangun Negara dan dimulai dari bangkit membangun diri sendiri.

Sedangkan untuk pembicara kedua Nadya Permata Setiawan selaku alumni Atlet Nasional Wushu dan Ketua Organisasi Kemahasiswaan Sepakbola, membawakan topik mengenai bagaimana membagi waktu antara latihan wushu dan membagi waktu di organisasi kemahasiswaan. Nadya juga menjelaskan bagaimana memaknai semangat nasionalisme dalam diri sendiri. Menurut Nadya yang harus dilakukan generasi muda saat ini adalah kita jangan pernah berhenti untuk berkembang dan bermimpi karena dari bermimpi itulah kita bisa mengubah diri kita menjadi lebih baik lagi dan tidak henti-hentinya untuk terus bermimpi yang lebih baik lagi kedepannya. Start from small things, merubah diri kita sendiri dahulu karena dari small things itu big things happens.

Diharapkan dengan adanya sesi talkshow ini menambah semangat para Binusian untuk merubah diri sendiri dan terus belajar melalui BINUS Festival banyak kegiatan yang dapat diikuti dari tanggal 20 Mei – 23 Mei 2022. Terakhir acara ditutup dengan kuis interaktif dan penampilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa BAND.

“Selamat Hari Kebangkitan Nasional”

Aisah Syabaniati, S.Kom