Kegiatan Gizi Nasional – Program Menurunkan Angka Stunting – Community Development Academic

Pada tanggal 30 – 31 Maret 2022, BINUS University dan Rotary RC Jakarta SPIRIT, melaksanakan Program Gizi Nasional, Program Menurunkan Angka Stunting di 3 Desa, yakni Desa Awilega, Desa Karangsetra dan Desa Pasir Karag, Kecamatan Koroncong, Kabupaten Pandeglang, Banten, Indonesia. Acara ini berlangsung di Kantor Kecamatan Koroncong, mengundang para ibu dan balitanya untuk mengikuti penyuluhan mengenai pentingnya makanan yang bergizi untuk sang buah hati agar tidak mengalami stunting.

Stunting adalah masalah kekurangan gizi kronis yang ditandai dengan tubuh pendek. Umumnya penderitanya rentan terhadap penyakit, kecerdasan di bawah normal serta produktivitas rendah. Menurut standar WHO, suatu wilayah dianggap kronis jika prevelansinya di atas 20%.

Penyebab stunting adalah tidak terjaganya kebersihan lingkungan, buruknya fasilitas sanitasi dan akses air bersih, rendahnya asupan gizi sejak janin hingga bayi berusia 2 tahun. Penyuluhan kepada para Ibu Hamil dan Balitanya, disampaikan oleh para Dosen dari Jurusan Teknologi Pangan (Food Technology, Faculty of Engineering, BINUS University) yaitu:

  • Diana Lo, S.TP, M.Sc, Ph.D

  • Ervina, S. Gz, M.Sc.
  • Andreas Romulo, S.TP., M.Sc., Ph.D.

Pada hari pertama, penyuluhan diberikan kepada para Ibu yang membawa balitanya di Kantor Kecamatan. Penyuluhan dibagi menjadi 3 sesi, yakni materi mengenai pentingnya makanan bergizi, pola makan dan sanitasi serta lingkungan yang baik untuk sang anak dan ibu yang sedang mengandung. Setelah penyuluhan selesai, acara dilanjutkan dengan pembagian sembako yang terdiri dari susu SGM, telur, dan kebutuhan pokok yang mendukung untuk gizi anak dan ibu hamil. Acara ini didukung oleh para mahasiswa dari Teach For Indonesia (TFI) BINUS University.

Kemudian pada hari kedua, dilakukan observasi keliling ke 3 desa serta penandatanganan surat kerja sama (MOU) bersama Kepala Kecamatan, serta 3 Kepala Desa, yakni:

  • Kepala Kecamatan Koroncong, Bpk. Agung Yuliawan
  • Kepala Desa Awilega, Bpk. Samsudin
  • Kepala Desa Karangsetra, Bpk. Mahdar
  • Kepala Desa Pasir Karag, Bpk. Sumantri