Webinar & Talkshow ‘How to be A Good Support System”

Penulis:
Edward Gabriel Nalinta
(BINUS Square Activist)

     Masa pandemi selama dua tahun terakhir banyak membawa dampak kepada setiap individu. Sayangnya, interaksi yang berkurang malah menjadi penghambat bagi kita untuk meluapkan emosi yang ada. Bahkan tidak sedikit yang memilih menyendiri karena bingung harus berbicara kepada siapa atau apa yang harus di lakukan. Mengetahui hal tersebut, sangat penting bagi kita untuk mendorong atau membantu orang lain agar mau terbuka dan menjadi Support System yang baik bagi mereka.

     Aktivis Binus Square pun terinspirasi untuk melakukan acara webinar dan Talkshow How To Be a Good Support System yang diadakan pada hari Jumat tanggal 11 Maret 2022 di bawah bimbingan Program Development Center BINUS Square. Acara yang diadakan melalui Zoom Meeting ini mengundang dua pembicara, yaitu Agustinus Allan Porajow yang akrab disapa Allan, merupakan seorang founder dan direktur eksekutif untuk TalkMore Indonesia. Pembicara kedua adalah Kak Greta Vidya Paramita, M.Psi, Psikolog yang merupakan Manajer dari Binus Global Class dan juga seorang Psikolog Klinis. Dari kegiatan ini, peserta mendapatkan banyak sekali masukan tentang betapa pentingnya sebuah support system, bagaimana cara menjadi support system dan pastinya tentang bagaimana menjadi support system yang baik.

     Dengan adanya acara ini diharapkan peserta lebih terbuka terhadap orang lain disekitarnya yang membutuhkan support system dan juga mengetahui cara yang tepat ketika ingin membantu mereka yang ingin mencurahkan isi hati mereka. Bukan hanya itu, peserta lebih tercerahkan lagi tentang menjadi support system untuk diri sendiri sebelum membantu orang lain, terlebih lagi tentang mengetahui batasan diri sendiri untuk menerima mereka yang ingin bercerita.

Naomi Chrisant Wulandari