PILMAPRES 2022 BINUS University

Pada tanggal 4 Maret 2022, BINUS University, Student Club and Activity Center (SCAC) telah melaksanakan acara Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) tahun 2022 Tingkat Universitas. Acara dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Johan, S.Kom., MM. (Vice Rector of Student Affairs and Community Development) dalam sambutan Beliau menyampaikan menjadi mahasiswa berprestasi artinya menjadi model, menjadi panutan bagi mahasiswa lain. Beliau menyampaikan juga bahwa seleksi ini bertujuan mencari satu kandidat terbaik di antara yang terbaik untuk mewakili BINUS University berkompetisi ditingkat LLDIKTI sampai Nasional dengan Mahasiswa terbaik dari Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Peserta PILMAPRES tingkat Universitas terdiri dari 10 kandidat terbaik yang sebelumnya telah diseleksi dari semua fakultas yang ada di BINUS University, antara lain:

  1. Abbygail Elizabeth Haley – BINUS Business School International Undergraduate Program
  2. Amadea Calista Gunawan – BINUS Northumbria School of Design
  3. Befa Fadlullah Najib – School of Design
  4. Cindy Carneta – Faculty of Humanities
  5. Clara Calista – Faculty of Economics & Communication
  6. Gardyan Priangga Akbar – Faculty of Computing & Media
  7. Han Na Jang – Faculty of Engineering
  8. Jonathan Kristanto – School of Computer Science
  9. Muhammad Alfarizi – BINUS Business School Undergraduate Program
  10. Shanta Haresh Keswani – School of Information Systems

Para kandidat melakukan persentasi Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang telah dipersiapkan dari sejak kandidat dinyatakan lolos menjadi Mahasiswa Berprestasi (MAPRES) tingkat fakultas, didampingi Dosen yang kompeten dalam bidangnya. Sesi persentasi KTI dipandu oleh dua panelis yang sudah terbukti memiliki track record dalam bidang ilmiah, yakni Prof. Tirta Nugraha Mursitama, S.Sos., MM., Ph.D (Vice Rector of Research and Technology Transfer) dan Prof. Dr. Ir. Widodo Budiharto, S.Si., M.Kom., IPM., SMIEEE (Lecturer Specialist – S3 School of Computer Science). Peserta diberikan waktu 5 menit untuk mempresentasikan KTI dilanjut 5 menit sesi tanya jawab dengan panelis.

Berikutnya dilanjutkan dengan sesi Impromptu Speech, di mana kandidat diberikan topik tertentu. Dilanjutkan dengan kandidat mempersiapkan paparan dari topik tersebut, kemudian memaparkan topic tersebut selama 3 menit. Berikutnya kandidat akan menerima sanggahan/pertanyaan dari kandidat lain dan panelis. Panelis dalam sesi Impromptu Speech final PILMAPRES kali ini adalah Dr. Franklin G. Talaue, M.A.Engl. (Language Center Manager) dan Desi Indrawati, S.Pd., M.Hum (Language Center BINUS @Bandung). Sesi ini bertujuan untuk menilai kemampuan Bahasa Inggris para kandidat.

Setelah penjurian dan rapat Dewan Juri, maka ditetapkan juara Mahasiswa Berprestasi tingkat Universitas tahun 2022 kali ini adalah Cindy Carneta dari Faculty of Humanities. Serta dalam final ini terdapat kategori juara Mawapres Favorit yang penentuannya berdasarkan voting oleh Binusian, dan yang mendapat juara Mawapres Favorit kali ini adalah Shanta Haresh Keswani dari School of Information Systems.

Ahmad Fikron Maulida, S.E.