Opening BINUS Festival 9 – 11 Desember 2021

BINUS FESTIVAL 2021

Opening BINUS Festival (BIFEST) kedua pada tahun 2021 telah dilaksanakan pada Kamis, 9 Desember 2021 di Kampus BINUS @Alam Sutera, BINUS University yang ditayangkan secara live streaming di youtube BINUS TV. Kegiatan Opening Bifest diawali dengan penampilan dari UKM Band lalu dilanjutkan dengan workshop pembuatan kopi oleh Rizki Kurniawan yang merupakan BINUSIAN berprestasi dalam perlombaan pembuatan kopi dibeberapa kejuaraan. Dalam workshop ini Rizki bersama Prof. Dr. Ir. Harjanto Probowo, MM. (Rector of BINUS University) dan Dr. Meyliana, S.Kom., MM. (Vice Rector Global Employability & Entrepreneurship), mendemokan cara membuat kopi dan menjelaskan beberapa peralatan yang dibutuhkan dalam pembuatan kopi.

Gambar I
Workshop Pembuatan Kopi

Gambar II
Rektor BINUS University meminum kopi racikan Rizki

Setelah workshop pembuatan kopi selesai kegiatan opening BIFEST dilanjutkan dengan talkshow yang mengundang narasumber Putri Santoso, pendiri Kopi Tuli. Dalam talkshow ini Putri Santoso dan Rizki Kurniawan menyampaikan tentang pengalaman yang akan didapatkan jika kita berkunjung ke kedai kopi yang dimiliki oleh Rizki dan Putri. Dikedai kopi Rizki kita akan diberikan kesempatan untuk belajar meracik kopi dengan tangan kita sendiri. Dan dikedai Kopi Tuli milik Putri selain memberikan kita sensasi yang berbeda dalam menikmati kopi akan tetapi juga memberikan pengalaman bagaimana berkomunikasi dengan teman tuli. Upaya yang telah dilakukan Rizki dan Putri, secara tidak langsung juga telah membantu memberdayakan sumber daya yang ada terutama Putri yang dapat memberdayakan teman tuli di Kopi Tuli. Dalam talkshow Dr. Meyliana menyampaikan program-program yang telah disiapkan untuk melahirkan BINUSIAN seperti Rizki dan Putri. Prof. Harjanto memberikan pesan kepada BINUSIAN agar dapat beradaptasi dengan keadaan dan perkembangan zaman dan bisa memaksimalkan teknologi yang ada.

Gambar III
Semua narasumber sedang bertepuk tangan (tepuk tangan dalam komunikasi teman tuli)

Setelah talkshow, kegiatan Opening BIFEST 2021 diresmikan oleh Prof. Harjanto. Lalu kegiatan Opening BIFEST 2021 ditutup oleh performance dari UKM STAMANARA dengan tarian  tradisional dari budaya Betawi. Kegiatan BIFEST 2021 ini akan berlangsung dari tanggal 9 Desember sampai dengan tanggal 11 Desember 2021. Rangkaian kegiatan BIFEST terdiri dari Seminar, Expo, Business Plan Competition dan banyak kegiatan menarik lainnya.

Berikut ini adalah liputan acara BINUS Festival dari BINUS TV:

Rahmat Ilahi, S.Pd.