Entrepreneur Talk Show “Cari Cuan Zaman Now”

Pada hari Rabu, tanggal 8 Desember 2021 pukul 02:00-04:00 PM, House of Ventura BINUS Square menyelenggarakan acara bertajuk Entrepreneur Talk Show “Cari Cuan Zaman Now” secara online via Zoom. House of Ventura merupakan tempat bernaung bagi Boarder BINUS Square yang memiliki bakat maupun minat di bidang bisnis dan kewirausahaan. Pembicara dalam acara ini adalah Kevin Wira, Boarder BSQ Alumni (B2015) yang merupakan seorang Entrepreneur. Pembicara kedua adalah James Henderson, Boarder BINUS Square (B2023) yang merupakan seorang Crypto Trader, dan pembicara utama adalah Pak Aidil Akbar Madjid, yang merupakan Master Financial Planner.

Acara dimulai dari sapaan kepada peserta oleh MC dan juga Moderator yaitu kak Yeyey dari Program Development Center BINUS Square dan juga Kak Wulan. Baik MC maupun moderator adalah pembina dari House of Ventura. Setelah menyapa peserta yang hadir, acara dilanjutkan dengan perkenalan yang dilanjutkan sesi talkshow. Kak Kevin Wira menjelaskan alasannya menjadi seorang wirausahawan, yaitu ingin independent dan tidak bergantung kepada orang lain. Hal ini tentu memerlukan proses pembelajaran, dedikasi, semangat dan juga motivasi yang tinggi. James Henderson menjelaskan awal mula Ia melakukan trading crypto, yaitu saat pandemi Covid-19 melanda dan Ia mengalami penurunan uang jajan. James lalu berusaha mencari sampingan dan mempelajari investasi khususnya crypto currency. Hal yang ditekankan James adalah: kenali resiko sebelum mencoba sebuah peluang, khususnya dalam hal investasi. James juga menyarankan untuk menggunakan “uang dingin”, bukannya “uang panas” dalam melakukan sebuah investasi. Uang dingin adalah uang yang tidak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, untuk membayar kuliah maupun kebutuhan yang memerlukan waktu cepat. Apabila kita tidak memiliki “uang dingin”, maka akan bijaksana apabila kita tidak memaksakan kehendak yang memiliki resiko untuk merugikan diri sendiri maupun orang-orang di sekitar kita.

Sebagai penutup dari acara sore hari ini, para pembicara memberikan closing statement yang apabila dirangkum adalah kita harus jeli melihat peluang dan jangan takut untuk mencobanya. Sebelum melangkah minimal harus fokus terlebih dahulu untuk belajar ilmu-ilmu mendasar atau fundamental dari hal yang ingin dicoba. Terakhir adalah manfaatkan waktu dan daya yang dimiliki mulai dari saat ini untuk kuliah dengan baik dan belajar soft skill yang diperlukan dalam mendukung kita menggapai cita-cita.

Naomi Chrisant Wulandari