Cyber Security Awareness for Securing Your Data

Pada tanggal 7 Desember 2021 pukul 19:00 WIB, House of Scientia BINUS Square mengadakan webinar bertajuk Cyber Security Awareness for Securing Your Data yang diselenggarakan secara online via Zoom. House of Scientia adalah program housing BINUS Square yang merupakan rumah bagi para Familia de Scientia atau Boarder BINUS Square yang memiliki bakat atau minat dalam bidang teknologi dan inovasi.

Pembicara dalam acara ini adalah Pak Yohan Muliono, S.Kom., M.TI., CND, CEHmaster yang merupakan Head of Cyber Security Program BINUS University. Pak Yohan menjelaskan bahwa penjagaan data di era digital merupakan hal yang sangat krusial. Data-data seperti password sosial media, email dan nomor handphone yang menurut kebanyakan dari kita adalah hal yang sepele ternyata dapat dimanfaatkan untuk phising data dan membuka pintu kejahatan cyber. Salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk preventif pencurian data adalah dengan mengganti password secara berkala, dan tidak login ke sosial media atau m-banking ketika sedang terhubung di jaringan wifi untuk publik. Setelah sesi materi selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang disambut secara antusias oleh para peserta. Hillary Winton merupakan Boarder yang mendapatkan hadiah menarik atas terpilihnya pertanyaannya sebagai pertanyaan terbaik yang diberikan kepada pembicara.

Program Development Center BINUS Square dan kakak-kakak pembina House of Scientia selaku penyelenggara acara berharap, dengan diadakannya acara ini Boarder BINUS Square dapat meningkatkan digital dan technology fluency untuk menghadapi era disrupsi digital khususnya dari segi pengamanan data pribadi.

Naomi Chrisant Wulandari