Webinar SASC “Modern Loneliness: Stay Connected Inside Out”

Pada hari Jumat, 29 Oktober 2021 sub unit Counseling Student Advisory & Support Center (SASC) Kemanggisan menyelenggarakan webinar “Modern Loneliness: Stay Connected Inside Out” yang diikuti oleh para mahasiswa Binus University secara online.

Acara ini dibawakan oleh Kak Nago Tejena, M.Psi., Psikolog yang berprofesi sebagai Clinical Psychologist. Sebelum menyampaikan materi, Kak Nago mengadakan quick survey mengenai tingkatan rasa kesepian yang dialami para peserta, dan media sosial apa yang paling sering mereka gunakan.

 

Quick survey yang dilakukan Kak Nago sebelum memberikan materi

Penyampaian materi diawali dengan membahas definisi dari rasa kesepian, yaitu “perasaan tidak nyaman yang muncul ketika seseorang mengalami kekurangan hubungan sosial yang diharapkan, baik secara kuantitas atau kualitas”. Lalu dilanjutkan dengan hal-hal yang menimbulkan rasa kesepian, dan dampak-dampak yang muncul dari rasa kesepian yang berkelanjutan. Kak Nago juga membahas mengenai bagaimana para peserta memanfaatkan media sosial yang sering  mereka gunakan sehari-hari.

 

Dampak-dampak yang mungkin muncul dari rasa kesepian yang berkelanjutan

Materi berikutnya adalah “meningkatkan koneksi dengan cara membuka diri” yang dibawakan melalui game “The Box of Secrets”. Dalam game ini, para peserta bisa menceritakan tentang diri mereka/rahasia yang dimiliki secara anonim, yang selanjutnya akan dibahas oleh Kak Nago. Peserta juga dapat memberikan feedback yang positif, baik melalui chat atau secara langsung melalui spotlight video. Lalu dilanjutkan dengan membahas mengenai cara-cara membuka diri untuk meningkatkan kualitas hubungan, yaitu 1.) Menjadi bagian dari suatu komunitas, 2.) Memiliki hubungan yang lebih mendalam ke orang-orang terdekat, dan 3.)  Mendengarkan dan peduli terhadap diri sendiri.

 

Game The Box of Secrets, dimana peserta bisa ikut memberikan feedback yang positif

Acara dilanjutkan ke sesi tanya jawab dan kuis “Wheels of Loneliness”, dimana para peserta menjawab pertanyaan terkait materi yang dibawakan oleh Kak Nago setelah menyebutkan password yang ditampilkan. Kemudian acara diakhiri dengan sesi dokumentasi para peserta yang dilakukan oleh panitia acara.

 


Kuis Wheels of Loneliness yang dibawakan oleh MC di penghujung acara

 

Dengan mengikuti webinar ini, diharapkan para peserta dapat mengatasi rasa kesepian yang mungkin timbul dengan cara-cara positif, serta meningkatkan kualitas hubungan sosial mereka dengan orang lain.

Sampai berjumpa lagi di event-event Student Advisory & Support Center berikutnya, Binusian!

 

 

 

 

 

 

Anka Prabitama Adia (SASC)