Prestasi BINUSIAN di PON XX, Papua 2021

Pekan Olahraga Nasional ke – 20 (PON XX), Papua telah dilaksanakan sejak 2 – 15 Oktober 2021 lalu. Kota Jayapura, Papua yang menjadi tuan rumah beserta penyelenggara yang terlibat terbilang cukup sukses dalam menyelenggarakan ajang perlombaan empat tahunan ini. Mulai dari persiapan hingga selesainya penyelenggaraan perlombaan semua bekerjasama mensukseskan kejuaraan ini, terlebih dalam kondisi yang cukup mengkhawatirkan dan penuh perhatian karena dilaksanakan dalam kondisi pademi. Protokol kesehatan begitu ketat mulai dari kedatangan atlit sampai dengan kepulangan atlit juga menjadi perhatian khusus. 56 (lima puluh enam) cabang olahraga diaktifkan dengan kurang lebih 7000 (tujuh ribu) atlit ambil bagian berkompetisi pada ajang yang sangat dirindukan tersebut.

Pelaksanaan PON sendiri sebagai ajang  pembinaan atlet menuju sejumlah pertandingan Internasional yang akan diikuti oleh Indonesia, maka dari itu semua daerah berusaha menyiapkan atlet terbaiknya untuk memperoleh hasil yang maksimal. Pada kesempatan ini terdapat beberapa Binusian yang juga ambil bagian menjadi atlet perwakilan dari daerah yang mereka bela untuk berkompetisi mendapatkan yang terbaik.  Terdata terdapat 19 (sembilan belas) mahasiswa yang terlibat pada kejuaraan nasional tersebut dari berbagai jurusan dan berbagai Angkatan yang ada di BINUS University. Adapun cabang olahraga yang para Binusian ini ikuti antara lain, renang, wushu, pola air, soft ball, judo, badminton, karate maupun selam sebagai perwakilan dari DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, maupun Papua sebagai tuan rumah.

Ada yang istimewa dari salah satu Binusian, yakni Joe Aditya dalam kesempatannya di PON Ke XX Papua ini. Joe, sebagai perenang muda yang tergabung dalam tim DKI Jakarta berhasil meraih 11 medali, yakni 3 (tiga) medali emas, 6 (enam) medali perak, dan 2 (dua) medali perunggu. Selain torehan medali yang cukup gemilang, Joe juga berhasil memecahkan rekor 200 meter gaya bebas yang sudah bertahan 9 (sembilan) tahun yang dipegang oleh perenang senior asal Jawa Barat Triadi Fauzi Sidiq. Catatan waktu 01 menit, 51,05 detik yang di raih Joe Aditya mengalahkan rekor sebelumnya milik Triadi Fauzi Sidiq dengan catatan 01 Menit, 52,83 detik di PON 2012. Pada komunikasi singkat melalui media sosial Joe juga menyampaikan persiapan dan perjuangannya untuk prestasi yang ia dapatkan “Persiapan PON Kemarin sudah dilakukan dari akhir tahun 2020, jadi bisa dibilang 1 (satu) tahun sebelum PON sudah fokus bersiap untuk PON, tetapi hal yang paling signifikan pengaruhnya terhadap performa saya di PON adalah masuknya saya ke tim renang Nasional untuk Sea Games 2022 pada bulan April lalu”. Hal ini disampaikan mengingat di tim nasional mendapat pengalaman dilatih oleh pelatih kelas dunia asal Australia dan juga mendapat lawan-lawan yang sengit.

Keberhasilan dan prestasi yang diraih Joe Aditya menjadi nilai yang positif  bagi para Binusian untuk terus berprestasi baik secara akademik maupun non akademik. Saat ini, Joe juga berperan sebagai penerima Beasiswa Widia yang merupakan beasiswa dari Yayasan Binus University yang diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi baik di jalur akademik maupun non-akademik. Selain, Joe Aditya terdapat beberapa Binusian atlet lainnya yang juga berhasil meraih medali di PON XX seperti Jason Keitaro dari cabang olahraga Wushu, Qori Amrullah Al Haq dari cabang olahraga Judo, Wahyu Mukti dari cabang olaharaga Karate Kumite serta masih banyak lagi kontribusi para Binusian dalam membela daerahnya melalui PON XX Papua ini.

Semangat para Binusian dalam PON XX Papua ini sejalan dengan Value BINUS yaitu SPIRIT (Striving for Excellence, Perseverance, Integrity, Respect, Innovation, TeamWork).  Semangat untuk terus meraih prestasi terbaik, tidak pantang menyerah, menjunjung tinggi kejujuran, saling menghargai sesama atlit dan para official, berinovasi dalam meraih prestasi dan tentunya didukung dengan team work yang baik mulai dari persiapan hingga saat lomba berlangsung.  Hal ini tentunya bisa menjadi contoh baik para Binusian lain untuk terus berkarya di bidangnya masing-masing dan memberikan kontribusi kepada lingkungan sekitar.  Terima kasih rekan-rekan Binusian Atlet!

Berikut daftar prestasi Binusian pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, Papua 2021:

BINUSIAN di PON XX, PAPUA 2021

No Cabang Olahraga Nama BINUSIAN Program Studi Provinsi Total Medali Keterangan
1 Renang Joe Aditya Sistem Informasi DKI Jakarta 11 3 Medali emas, 6 Medali Perak, 2 Medali Perunggu
2 Wushu Jason Keitaro Komunikasi Pemasaran DKI Jakarta 1 1 Medali Perunggu
3 Polo Air Putri Melyn Cecilia Desain Interior DKI Jakarta 1 1 Medali Emas
4 Febrina Indrisari Pendidikan Guru Sekolah Dasar DKI Jakarta
5 SoftBall Muhammad Haniif Cyber Security DKI Jakarta 1 1 Medali Perak
6 Polo Air Putra Radisa Hussein Ilmu Komputer DKI Jakarta 1 1 Medali Perak
7 Hizkia Bimantoro Psikologi DKI Jakarta
8 Azril Kurniawan Ilmu Komputer DKI Jakarta
9 Judo Qori Amrullah Al Haq DKV-Media Baru DKI Jakarta 1 1 Medali Emas
10 Judo Tiara Shinta Akuntansi DKI Jakarta 1 1 Medali Perunggu
  Judo Campuran Qori Amrullah Al Haq DKV-Media Baru DKI Jakarta 1 1 Medali Perak
Tiara Shinta Akuntansi DKI Jakarta
11 Renang Indah Nayla Nadiva Komunikasi Pemasaran DKI Jakarta 1 1 Medali Emas
12 Badminton Beregu Putri Marsheila Gischa Islami Manajemen Bisnis Jawa Timur 3 3 Medali Emas
13 Badminton Beregu Putri Ayu Gary Luna Maharani Manajemen Bisnis Bali 2 2 Medali Perunggu
14 Karate Kumite Wahyu Mukti Manajemen Bisnis Jawa Tengah 1 1 Medali Perunggu
15 Selam/Kolam Albertus Arkananta Indra Psikologi Papua 1 1 Medali Perunggu
16 Renang Intan Putri Adhika Fenadi Komunikasi Bali 2 2 Medali Perunggu
17 Renang Vanesa Sanjoyo DKV-Media Baru Jawa Tengah
18 Soft Ball Putri Rizkia Amandhit Psikologi DKI Jakarta
19 Soft Ball Putri Tiara Alija Hukum Bisnis DKI Jakarta

Aditya Charisma Permadi