Mentor Talk “Kuliah Susah? Gak Usah Resah”

Pada hari Jumat, 5 November 2021, sub unit Mentoring Student Advisory & Support Center (SASC) Kemanggisan mengadakan “Mentor Talk: Kuliah Susah? Gak Usah Resah” yang terbuka bagi seluruh mahasiswa BINUS University secara online.

Kegiatan perkuliahan Semester Ganjil 2021/2022 sudah berlangsung hampir 2 bulan. Saat ini mahasiswa juga dihadapkan pada persiapan Ujian Tengah Semester yang akan mulai berlangsung pada tanggal 18 November – 1 Desember 2021. Apabila mahasiswa mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan-kegiatan perkuliahan secara online, akan menjadi tantangan bagi mereka, khususnya Binusian 2025 yang masih beradaptasi dengan dunia perkuliahan.

Acara ini dipandu oleh Ausie Nida Rahmatya dan mengundang narasumber Mentor SASC yang tentunya berprestasi baik secara akademis, yaitu Jane Jesselyn (Best Mentor 2020/2021 Odd Period), Glen Mayo (Senior Mentor), Abigail Vania (Senior Mentor), dan Roberto Salim (Senior Mentor), yang membagikan pengalaman mereka dalam berkuliah secara online maupun onsite. Setelah itu, para mahasiswa diberi kesempatan untuk bertanya secara langsung untuk mendiskusikan kesulitan yang mereka alami ketika menjalankan perkuliahan.

Sesi sharing yang dibawakan oleh para Mentor, dengan dipandu oleh MC

Beberapa tips yang diberikan oleh para mentor dalam kegiatan ini antara lain mengatur waktu antara kegiatan perkuliahan dan kegiatan non kuliah, mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian yang diadakan secara online, dan gambaran mengenai apa yang akan dihadapi para mahasiswa apabila kegiatan perkuliahan nantinya melibatkan kegiatan onsite.

Selain itu, kegiatan Mentor Talk ini juga mensosialisasikan kegiatan Mentoring, yaitu fasilitas bagi para mahasiswa yang ingin menjalin pertemanan dalam bentuk kelompok belajar. Kegiatan ini dibimbing oleh seorang Tutor/Mentor dalam mempelajari mata kuliah yang mereka anggap sulit, bisa berbentuk kelompok kecil atau kelompok yang lebih besar tergantung dari angkatan Binusian atau tingkat kesulitan yang dihadapi mahasiswa.

Sesi dokumentasi yang dilakukan di penghujung acara

Dengan diadakannya Mentor Talk ini, diharapkan para mahasiswa dapat lebih siap untuk menghadapi kegiatan perkuliahan, tentunya agar dapat meraih prestasi akademis yang sesuai dengan harapan mereka.

Sampai bertemu lagi di event-event Student Advisory & Support Center lainnya, Binusian!