Academic Experience – First Year Program for Freshmen Binusian 2025

Setelah freshmen Binusian 2025 menjalani Pelantikan Mahasiswa Baru tanggal 20 September 2021, akan ada kegiatan yang tidak kalah menarik dengan nama Academic Experience (AE) yang dilaksanakan pada tanggal 21-24 September 2021. Academic Experience ini bertujuan agar freshmen semakin mengenal prodi/jurusannya dan dapat membangun kedekatan serta kebanggaan dirinya sebagai bagian dari keluarga besar prodi/jurusannya. Kegiatan ini terdiri dari dua kegiatan utama yaitu Welcome to [Prodi] Family dan Meet Your Academic Advisor.

Pada tanggal 21-22 September sesi Welcome to [Prodi/Jurusan] Family dilaksanakan secara Hybrid yaitu dilakukan dengan mengkombinasi kegiatan antara perkuliahan online dan perkuliahan onsite terbatas.

Sebelum mengikuti perkuliahan onsite terbatas, dilakukan pemeriksaan kelayakan
untuk beraktivitas di lingkungan kampus terhadap seluruh mahasiswa

 

Bagi freshmen yang sudah mendaftarkan diri untuk menjalani Semester Ganjil 2021/2022 dengan model perkuliahan onsite terbatas, maka sudah bisa mulai merasakan sesi ini dengan mengikuti perkuliahan di kampus, sementara bagi mahasiswa lain akan mengikuti secara online melalui Video Conference. Berbagai kegiatan diadakan oleh program studi/program, tidak hanya perkenalan dengan pimpinan program studi/program yang terdiri dari Head of Program/Head of Program Study, Deputy HOP/HOPS serta dosen-dosen yang ada di program studi/program tersebut, freshmen juga mendapatkan informasi lebih mendalam mengenai program studi/program yang sudah dipilih. Sesi ini dijalankan dengan suasana yang santai sehingga menumbuhkan keakraban antar para freshmen dan jajaran pimpinan dan dosen yang ada. Kegiatan yang dilakukan antara lain: sharing alumni yang mengundang speaker internasional, pameran karya melalui CX, Vlog terkait fasilitas kampus dan berbagai bentuk kegiatan lainnya.

Protokol kesehatan yang berlaku tetap diterapkan dalam perkuliahan
onsite terbatas di Binus University

 

Meet Your Academic Advisor yang dilaksanakan pada tanggal 23-24 September dilakukan secara online.  Pada kegiatan ini freshmen dijelaskan mengenai fungsi dari pembimbing akademik (Academic Advisor) dan diperkenalkan dengan para dosen pembimbing akademik yang akan membantu mereka selama perkuliahan.  Melalui pertemuan ini diharapkan para mahasiswa dapat berkenalan dan mengetahui cara untuk berkomunikasi dengan dosen pembimbinga akademiknya. Di akhir pertemuan, freshmen dibagi ke beberapa breakout room untuk langsung berkenalan dengan dosen pembimbing akademiknya mereka dan rekan sesama bimbingan akademik tersebut.

Melalui kegiatan Academic Experience ini diharapkan para freshmen dapat lebih siap dalam menjalani perkuliahan di program studi/program yang sudah dipilihnya serta sukses dalam menjalani perkuliahan hingga akhirnya lulus di tahun 2025 nantinya.

Annisa Dwi Rachmawati (Disability Services - SASC)