Webinar FARCO X AGD DINKES ‘First on Scene” Road Traffic Accident

Pada tanggal 25 Juni 2021 pukul 13.30 sampai 15.00 WIB, FARCO di bawah binaan Program Development Center Binus Square bekerja sama dengan Unit Pelayanan Ambulans Gawat Darurat Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mengadakan webinar Melalui aplikasi Zoom bertajuk Webinar FARCO AGD Dinkes First on Scene, Road Traffic Accident. Pembicara dalam Seminar ini adalah dr. Winarto, Mars selaku Kepala Unit AGD Dinkes DKI Jakarta dengan moderator dari FARCO yaitu Deandra Ikofani.

Dalam Seminar ini peserta bisa mempelajari tentang pengenalan SPGDT, call center 112 / 119 dan AGD Dinkes DKI Jakarta.  Selain itu dipaparkan juga pengetahuan dan tata cara bagi orang awam dalam membantu korban yang mengalami Road Traffic Accident atau RTA yang dipaparkan oleh profesional di bidangnya. Yang diharapkan ketika mengikuti webinar ini minimal adalah ketika kita berkendara dan terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan bagi kita atau orang sekitar kita, kita bisa tahu cara melakukan pertolongan pertama jika suatu saat terjadi kecelakaan di sekitar kita.

Dalam Webinar ini kitapun bisa mengetahui dasar hukum penanggulangan bencana, kesehatan, Rumah Sakit, program dekade aksi keselamatan jalan, keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, SPGDT pelayanan kegawatdaruratan, penanggulangan penanganan evaluasi dan medis. Dipaparkan juga bahwa SPGDT merupakan mekanisme pelayanan korban atau pasien gawat darurat yang terintegrasi dan berbasis call center dengan menggunakan kode akses telekomunikasi 119 dengan melibatkan masyarakat yang bertujuan meningkatkan akses dan mutu pelayanan kegawatdaruratan serta mempercepat waktu penanganan atau respon korban atau pasien kegawatdaruratan dan menurunkan angka kematian dan kecacatan. Lebih dari 400 orang binusian turut menjadi peserta dalam webinar kali ini.  Melalui kegiatan ini penyelenggara berharap supaya Binusian khususnya Boarder Binus Square bisa semakin peduli dan mengerti penanganan pertama dalam kondisi khusus kedaruratan dalam kecelakaan berkendara.

Naomi Chrisant Wulandari