Types of Bullying and How to Fight Them

Pada hari Jumat tanggal 11 Juni 2021, Aktivis BINUS Square di bawah pembinaan Program Development Center BINUS Square mengadakan webinar bertajuk Types of Bullying and How to Fight Them. Pembicara dalam webinar ini adalah Kak Nesya Fitriani dari Student Development Center Bina Nusantara.

Topik bullying sangat relate dengan dengan pengalaman-pengalaman pergaulan pelajar baik dari sudut pandang pelaku, maupun korban. Bentuk-bentuk bullying bisa seperti ditindas oleh kelopmpok pergaulan populer di lingkungan pergaulan atau diejek teman-teman ketika kita gagal menjawab pertanyaan dosen. Ketika kita merasa terintimidasi dan tidak mampu membela diri, tindakan-tindakan tersebut bisa disebut sebagai bullying. Dalam membahas bullying yang wajib jadi perhatian kita bukan cuma seberapa parah tindakannya tetapi juga dampaknya terhadap orang yang mengalaminya. Berdasarkan concern tersebut, Aktivis BINUS Square mempersembahkan webinar ini. Kak Nesya menjelaskan Identifikasi dan klasifikasi dari jenis-jenis bullying, mengapa orang cenderung menjadi pelaku bully, fakta-fakta seputar bullying serta cara atau tips untuk menghadapinya. Setelah materi selesai diberikan selanjutnya adalah sesi tanya jawab serta sesi sharing. Disini peserta diberikan waktu untuk sharing pengalamannya kepada Kak Nesya dan peserta lainnya untuk mendapatkan ­masukan-masukan yang membangun.

Melalui dilaksanakannya acara ini, penyelenggara berharap agar Boarder BINUS Square bisa mendapatkan pengetahuan seputar tipe-tipe bullying yang harus disadari beserta cara bangkit dan melawan tindakan bullying dari sudut pandang korban atau saksi atau teman korban.

Naomi Chrisant Wulandari