Webinar SASC ”Alone No More: Tips Berteman selama Perkuliahan Online”

Sub-Unit Konseling dari Student Advisory and Support Center mengadakan kegiatan webinar dengan judul “Alone No More: Tips Berteman selama Perkuliahan Online” pada 26 Maret 2021. Webinar ini dirancang untuk membantu teman-teman Binusian yang mungkin merasa kesulitan untuk berinteraksi ataupun membangun pertemanan selama perkuliahan online di masa pandemi ini.

Webinar “Alone No More: Tips Berteman selama Perkuliahan Online” ini dibawakan oleh Mas Untung Subroto, M.Psi, Psikolog. Beliau adalah seorang dosen, praktisi, trainer, co-founder dan chairman dari Indonesian Art Therapy Community. Mas Untung memulai topik ini dengan menjelaskan kondisi dan masalah yang muncul dan dialami oleh individu selama kondisi pandemi, khususnya terkait hubungan sosial. Mas Untung secara khusus juga menyorot dampak pandemi ini pada mahasiswa.

Tidak hanya membahas soal masalah yang muncul di pandemi, Mas Untung juga mengajak Binusian untuk bisa lebih mengenal diri sendiri. Mulai dari kondisi masing-masing selama di pandemi, sampai ke kepribadian dan kebutuhan dari pribadi masing-masing melalui tes kepribadian BEST. Dalam sesi ini Binusian terlihat sangat antusias dan banyak bertanya ke Mas Untung karena ingin dibantu untuk mengenali diri sendiri dan karakternya dalam berkomunikasi.

Gambar 1: Salah satu game yang dipandu oleh Mas Untung saat webinar berlangsung

Gambar 2: Salah satu game yang dipandu oleh Mas Untung saat webinar berlangsung

Setelah mengenali tipe kepribadian dan karakter diri sendiri, Binusian diajak untuk mengenali tipe-tipe kepribadian orang lain melalui penjelasan dari beliau. Tujuannya adalah pada akhirnya Binusian bisa menyesuaikan cara berkomunikasi saat berhadapan dengan teman-temannya yang memiliki tipe kepribadian yang berbeda dengan dirinya. Mas Untung juga memberikan contoh-contoh praktis sehingga Binusian juga bisa mempraktikkan atau menghindari cara-cara berkomunikasi dengan tipe kepribadian tertentu.

Semoga Binusian yang sudah mengikuti kegiatan webinar ini bisa menerapkan pengetahuan baru yang Mas Untung sampaikan dalam kesehariannya selama perkuliahan online ini.

Sampai jumpa di kegiatan-kegiatan SASC lainnya!

Hans Aditya Kusnadi (Student Advisory & Support Center)