Webinar “How to Beat Your Self: Produktif dan Berprestasi dengan Mengelola Waktu Secara Efektif”

Pada akhir bulan Maret lalu, tepatnya pada 31 Maret 2021, SASC bersama dengan Coorporate Marketing Communication (CMC) menyelenggarakan kegiatan webinar dengan topik seputar Self Management. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengembangan diri yang disiapkan Study Resource Support SASC bagi para mahasiswa penerima beasiswa yang dikelola oleh CMC BINUS University. Sebelum kegiatan tersebut diselenggarakan, survei singkat dilakukan untuk mengetahui apa yang menjadi kendala dan apa yang dibutuhkan para mahasiswa khususnya penerima beasiswa terkait kondisi perkuliahan saat ini. Berdasarkan survei tersebut salah satu permasalahan yang muncul akibat perkuliahan secara daring ini adalah pengaturan waktu dan cara belajar. Kondisi inilah yang menjadikan latar belakang diselenggarakannya webinar pengembangan diri dengan fokus pada pengelolaan waktu yang diberi judul, “How to Beat Your Self: Produktif dan Berprestasi dengan Mengelola Waktu Secara Efektif.”

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam ini dihadiri kurang lebih 80 mahasiswa penerima beasiswa dari berbagai jurusan di Binus University. Webinar ini dibuka oleh moderator yaitu, Kak Chastry Ertika Tobing, yang merupakan Mentoring Officer dari Student Advisory and Support Center (SASC). Selanjutnya sambutan dari perwakilan Corporate Marketing Communication oleh Ibu Bella yang menyampaikan tujuan dari pelaksanaan kegiatan dan peran SASC bagi mahasiswa. Kemudian, memasuki inti dari webinar ini menghadirkan pemateri yang cukup menarik dalam membagikan pengalamannya, yakni Agnes Isna Kuswondo. Agnes merupakan Mahasiswa Berprestasi 1 di tingkat Universitas dan Mahasiswa Berprestasi 3 di tingkat Nasional pada tahun 2020.

Kegiatan Webinar “How to Beat Yourself” yang Sedang Berlangsung

 Pada penyampaian materinya berkaitan dengan topik dari webinar, Agnes bercerita terkait pengalamannya dalam mengaturan waktu antara perkuliahan dengan kegiatan lainnya, seperti perlombaan yang tentunya berkaitan dengan prestasinya hingga saat ini. Materi yang disampaikan antara lain, kesibukan berkompetisi dan tanggung jawab perkulihan yang harus dipenuhinya. Agnes memberikan gambaran melalui tampilan slide terkait kompetisi besar yang begitu padat dilakukan pada tahun 2019 secara berturut-turut, mulai dari kompetisi di Hanoi, Vietnam, kemudian dilanjutkan di Bali, Indonesia. Selain itu, kompetisi tersebut juga harus berdampingan dengan tanggung jawab Ujian Akhir Semester (UAS) yang harus ia jalani. Pada bagian ini Agnes membagikan tips yang biasa dilakukannya melalui Managing Priorities, yakni bagaimana persiapan dan hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu saat mendapatkan jadwal yang begitu padat. Pada sesi ini berlangsung sangat menarik dan terlihat antusias para mahasiswa dalam menanggapi sharing melalui pertanyaan-pertanyaan. Pengalaman dan strategi belajar yang dibagikan oleh Agnes pada sesi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para mahasiswa yang hadir dalam webinar tersebut.

Pada sesi akhir pelaksanaan webinar ditutup oleh Ibu Ria Devita selaku Manager dari SASC yang menyampaikan tujuan dari kegiatan dan peran dari SASC sendiri bagi para mahasiswa khususnya penerima beasiswa. Sebelum mengakhiri webinar, pengumuman hadiah hiburan juga diberikan kepada tiga penanya terbaik saat sesi tanya jawab. Para mahasiswa juga diberikan kuesioner terkait kegiatan yang berlangsung dan program pengembangan diri yang diharapkan oleh mahasiswa pada kesempatan selanjutnya.

Aditya Charisma Permadi (Student Advisory and Support Center)