Virtual Escape After Exam to Italia

Boarder BINUS Square (BSQ) sudah menyelesaikan masa ujiannya dengan penuh persiapan dan kerja keras. BSQ dan PDC selaku Pembina Boarder menyadari kebutuhan Boarder untuk refreshing setelah menghadapi ujian, untuk itu dirancang dan diadakanlah acara “Escape After Exam”. Biasanya Boarder dan PDC secara fisik bisa melakukan perjalanan wisata ke suatu objek wisata yang menarik untuk melepas penat sekaligus sebagai wadah Boarder bersosialisasi bersama teman-temannya sesama Boarder dan juga membangun engagement bersama PDC dan Management BSQ.  Berbeda di tahun ini, dikarenakan himbauan Pemerintah untuk PSBB,  maka kegiatan Escape After Exam dilakukan secara virtual. Sisi positif dari menjalankan wisata virtual berarti tidak ada batasan mengenai jarak, apabila selama ini Escape After Exam dilakukan didalam negeri saja, perjalanan kali ini berbeda. Di saat PSBB, Boarder justru bisa menyaksikan dan merasakan secara langsung suasana di luar negeri, mempelajari budayanya sekaligus berinteraksi dengan dipandu tour guide.

Pada tanggal 3 Maret 2021 pukul 18:30 wib diselenggarakan “Virtual Escape After Exam to Italia”, dimana ini berarti pukul 12:30 siang di waktu setempat. Rekan dari salah seorang kakak PDC yang sudah 2 tahun tinggal di Italia dengan senang hati mengajak boarder berkeliling “Centro” atau  downtown salah satu kota Italia secara virtual. Dipandu 2 orang kakak dari PDC, acara ini dimulai dengan Quiz berhadiah bertemakan pengetahuan umum mengenai Negara Italia, mulai dari makanan, tempat-tempat ikonik serta karya sastra yang terkenal di Italia. Pengumpulan poin boarder berlangsung alot dan seru, namun pada akhirnya Boarder bernama Beatrice berhasil menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah berupa saldo e-wallet. Acara dilanjutkan dengan kegiatan virtual tour ke salah satu tempat bersejarah yaitu Akademi Militer pertama di Italia yang sangat indah dengan ukiran pilar dan juga monumen sejarah pahlawan Perang Dunia. Tour guide lalu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki ke Centro. Disini boarder bisa menyaksikan bagaimana keseharian masyarakat Italia yang sedang melakukan lunch break di tempat-tempat makan di Centro sembari bercengkrama. Gereja berbata merah yang sangat kuno, Bangunan-bangunan otentik yang dijaga dengan sangat baik dan hanya dipugar dibagian dalamnya saja menjadi lebih modern untuk menjaga nilai sejarahnya,  dan juga melihat burung-burung merpati bebas berinteraksi dengan masyarakat dan merasa aman hinggap di taman-taman di pusat kota.

Sejenak berwisata meskipun secara virtual, bisa membawa kesegaran jiwa dan menambah pengetahuan baru. Selain bisa berinteraksi dengan Kakak – kakak PDC, sesama Boarder dan juga tour guide, Boarder pemberi pertanyaan-pertanyaan terbaik selama virtual tour juga berhak mendapatkan hadiah. Kakak PDC begitu sulit menentukan pertanyaan mana yang terbaik diantara banyaknya pertanyaan dan rasa penasaran boarder akan Negara Italia yang menandakan antusiasme yang tinggi. Rasanya waktu begitu cepat berlalu hingga ke penghujung acara. Tour guide dan Kakak PDC memberikan pesan kepada Boarder untuk selalu menjaga protokol kesehatan. Memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan secara rutin untuk bisa mewujudkan harapan dan doa kita bersama, yaitu memulihkan bumi yang sama-sama kita cintai dari pandemi.

Naomi Chrisant Wulandari