Earth Hour 2021 – Don’t Let Pandemic Stop Your Creativity

Memasuki bulan Maret, tentunya kita sebagai masyarakat dunia sudah familiar dengan Earth Hour.  Earth Hour adalah salah satu kampanye global WWF, untuk menyatakan kepeduliannya terhadap perubahan iklim dengan cara mematikan lampu dan peralatan elektronik yang sedang tidak dipakai selama 1 jam tepatnya pukul 20:30 hingga 21:30 waktu setempat, pada setiap hari sabtu di minggu terakhir bulan maret pada setiap tahunnya. Program Development Center (PDC) dan Management BINUS Square (BSQ) menyadari sebagai generasi muda penerus bangsa, mahasiswa Universitas Bina Nusantara khususnya Boarder BSQ baik bila memiliki kepedulian yang tinggi khususnya dalam menjaga lingkungan dan bumi.

Pada Hari Senin 15 Maret 2021 pukul 16:00 WIB, PDC BSQ menyelenggarakan acara workshop virtual melalui Zoom bertemakan kepedulian lingkungan yaitu “Earth Hour 2021 – Don’t Let Pandemic Stop Your Creativity”. Dalam kesempatan ini, PDC bersama pemateri yaitu Chanreaksmey Loy, Boarder asal Kamboja yang memiliki passion dalam fashion design melakukan praktek membuat karya berbahan masker bekas pakai yang sudah disterilkan. Seperti kita tahu, selama kurang lebih setahun hingga saat ini kita sama-sama mengalami masa pandemic Covid-19. Pandemi ini bukannya tidak menyebabkan pertambahan volume limbah baru yang dalam hal ini adalah alat-alat pelindung diri termasuk diantaranya masker. Hampir setiap hari ketika keluar rumah, kita mengenakan masker dan apabila sudah sekali kita gunakan tentu tak dapat digunakan lagi. Hal ini memembuat limbah masker semakin menumpuk. Berdasar dari sini, PDC dan Mey ingin mengajak Boarder lebih peduli pada lingkungan sekaligus mengembangkan kreativitasnya melalui daur ulang masker menjadi barang yang lebih berguna misalnya dekorasi.

Mey mengajarkan cara membuat bunga dekorasi dari masker bekas, dan Boarder menyaksikan sambil ikut membuat bunga masker bekas dari layar monitor di rumah masing-masing. Sebelum acara peserta sudah diberitahukan bahan-bahan yang akan digunakan dalam workshop. Acara berlangsung meriah dengan beragam tanya jawab dan juga kuis berhadiah. Berinteraksi dengan pemateri yang berasal dari Negara lain juga membuat kemampuan berbahasa Inggris Boarder semakin terasah. Dengan berlangsungnya acara yang fun tapi juga membawa nilai yang postitif ini, diharapkan Boader dan juga penyelenggara acara semakin aware akan pelestarian lingkungan dan bersama-sama menjaga bumi kita bersama.

Naomi Chrisant Wulandari