Wibowo Scholarship Gathering 2020

Beberapa waktu yang lalu, tim Student Advisory and Support Center mengisi kegiatan bersama tim Human Capital yaitu  “WIBOWO Scholarship Gathering”. Kegiatan ini dilakukan secara online melalui Zoom Meeting dan dihadiri dengan penuh antusias oleh para penerima beasiswa WIBOWO. Kegiatan gathering yang terbagi menjadi 2 bagian ini dilaksanakan  pada tanggal tanggal 19 September 2020 ditujukan kepada para penerima beasiswa WIBOWO senior sementara pada tanggal 26 September 2020 ditujukan kepada para mahasiswa baru (Binusian 2024) penerima beasiswa WIBOWO. Pertemuan ini bertujuan untuk dapat memperkenalkan Yayasan BINUS dan meningkatkan kedekatan antar penerima beasiswa dan pengelola beasiswa. Kegiatan WIBOWO Scholarship gathering ini dihadiri oleh 14 orang mahasiswa senior dan 8 orang binusian 2024 yang baru bergabung di Binus University sebagai freshmen dari berbagai area kampus mulai dari Kemanggisan, Alam Sutera, Bekasi, dan Bandung

Kegiatan tersebut diawali dengan pembukaan dan perkenalan singkat yang kemudian dilanjutkan dengan sesi Ice Breaking oleh Kak Fachmi Nur Annisa atau yang akrab dipanggil Kak Icha selaku Career Scholarship Officer dari Human Capital Bina Nusantara. Sesi selanjutnya, kegiatan diisi oleh pemaparan mengenai Yayasan Bina Nusantara meliputi : sejarah, prestasi serta capaian yang sudah diraih Yayasan Bina Nusantara selama hampir 40 tahun berkarya secara komperhensif oleh Kak Ignatia Aditya Hapsari sebagai Career Scholarship Section Head. Sesi ini tidak hanya berisi mengenai penjelasan saja, namun juga diselingi dengan dialog interaktif dan tanya jawab dari para peserta.

Pada kesempatan tersebut para peserta juga mendapatkan materi yang sangat penting dari Student Advisory and Support Center (SASC) yang dibawakan oleh Kak Aditya Charisma Permadi selaku Study Resources Officer dan Kak Ria Devita selaku Manager SASC area Kemanggisan, yakni tentang “Bagaimana Menjaga IPK selama Perkuliahan”. Pada sesi ini, mahasiswa penerima beasiswa diberikan arahan dan motivasi bagaimana agar dapat menjaga nilai dan prestasi dengan baik, mulai dari awal perkuliahan hingga nantinya dapat lulus tepat waktu. Tujuan dari penyampaian materi ini juga agar para penerima beasiswa mampu bertanggungjawab serta memiliki komitmen yang baik dengan cara menjaga nilai dan prestasi selama mereka berkuliah. Pada akhir sesi ini, SASC juga memberikan survei kepada para peserta untuk mendapatkan informasi terkait kebutuhan dan dukungan yang diharapkan dari para penerima beasiswa yang nantinya akan digunakan sebagai dasar untuk pengembangan program bagi para penerima beasiswa ini.

 

 

Pada kesempatan ini, juga dilakukan sharing session dari alumni penerima Beasiswaa WIBOWO yang menyampaikan pengalaman serta kesan pesan selaku penerima beasiswa. Pada saat sharing session ini, beberapa peserta bertanya mengenai tips dan trik kepada para alumni terkait dengan cara agar dapat berprestasi dan berkontribusi di Bina Nusantara. Pada sesi pertama kegiatan gathering yang diadakan pada tanggal 19 September 2020, Kak Sartika Zumria dari bagian Recruitment juga menyampaikan materi mengenai  “Career Oppurtunities & Proses Recruitment di Yayasan Bina Nusantara. Sesi ini  juga bercerita mengenai cara untuk bisa bergabung menjadi bagian dari keluarga besar Bina Nusantara sebagai karyawan dan berkarya sesuai dengan minat dan latar belakang Pendidikan mereka di Bina Nusantara. Sesi mengenai rekrutmen ini tidak dilakukan pada kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 26 September 2020, mengingat peserta di kegiatan tersebut adalah para freshmen sehingga materi yang diberikan lebih menitikberatkan pada sharing session dan pemberian motivasi agar mereka dapat berprestasi secara optimal.

 

 

Kegiatan pertemuan dengan para mahasiswa penerima beasiswa dirasakan sangat bermanfaat bagi pengelola maupun penerima beasiswa. Pihak pengelola dan penerima beasiswa mampu saling mengenal satu sama lain sehingga diharapkan hal ini bisa meningkatkan rasa keterikatan antara sesama penerima beasiswa dengan pengelola beasiswa dalam hal ini tim dari Career Management and Assessment Human Capital Bina Nusantara. Diharapkan melalui kegiatan ini pula para penerima beasiswa WIBOWO dapat mempertahankan dan terus meningkatkan prestasi yang mereka miliki serta mampu berkontribusi dan berperan aktif di lingkungan mereka khususnya di lingkungan Bina Nusantara.