Tips Menjadi Support System yang Baik

Sebagai makhluk sosial, manusia tentu tidak dapat hidup dengan hanya mengandalkan diri sendiri saja. Salah satu kunci manusia dapat bertahan hidup adalah bersosialisasi dengan lingkungannya. Manusia memerlukan kontak serta interaksi dari orang lain di sekitarnya. Bersosialisasi tentu memberikan banyak keuntungan bagi setiap manusia, karena manusia memerlukan bantuan orang lain dalam berbagai aspek di kehidupannya.

Memerlukan bantuan orang lain jelas bukanlah sesuatu hal yang buruk, tidak juga lantas memberikan label terhadap diri sendiri sebagai seseorang yang tidak mandiri. Banyak hal yang dapat kita kerjakan sendiri, namun mendapatkan uluran tangan dari orang lain sebagai bentuk bantuan dapat meringankan beban kita. Adanya orang yang dapat mendukung dan kita ketika kita sedang mengalami kesulitan merupakan contoh dari memiliki support system yang baik. Namun sebelumnya, apa sih support system itu?

Seperti yang dilansir oleh support system merupakan istilah yang merajuk pada sebuah sistem dukungan moral dan sosial yang diberikan oleh beberapa orang terdekat yang dipercaya sebagai tempat untuk berkeluh kesah serta mendapatkan saran. Berarti, bisa disimpulkan bahwa support system ada untuk mendukung kita baik secara fisik maupun emosional dalam keadaan apapun, termasuk ketika kita sedang mengalami kesulitan dalam hidup. Support system merupakan sebuah tim yang dapat membuat seseorang merasa aman ketika sedang berbagi cerita mengenai masalah yang sedang dihadapinya. Tempat di mana seseorang akan merasa tidak dibatasi ketika ingin mengekspresikan apa yang ia rasakan.

Ketika kita sedang mengalami kesedihan yang mendalam, kita cenderung menjadi pesimis dan sangat putus asa. Adanya support system yang baik disekeliling kita dapat membantu kita untuk melihat masalah dari sudut pandang yang lain, sehingga kita tidak hanya akan terfokus pada titik negatifnya saja. Support system ini biasanya meliputi orang-orang yang berada di lingkungan terdekat kita, seperti keluarga dan teman.

Nah, sudah tahu artinya support system itu apa, tapi masih bingung caranya menjadi support system yang baik itu bagaimana? Berikut adalah tipsnya!

  1. Dengarkan cerita orang lain dan jangan di-judge


Photos: https://lunavoxhealing.com/

Seringkali penyebab orang malas bercerita mengenai masalahnya adalah karena mereka takut bahwa masalah yang mereka hadapi akan dinilai sebelah mata oleh orang yang mendengarkan. Mereka takut bahwa jika orang lain tahu apa yang sedang mereka alami, orang tersebut akan menertawakan dan mengatakan bahwa mereka adalah orang yang lemah. Padahal sebetulnya, setiap orang memiliki ketahanan dan kekuatan mentalnya masing-masing. Artinya, belum tentu sesuatu yang dianggap mudah bagi mayoritas adalah hal yang mudah bagi semua orang. Kita tidak akan benar-benar tahu dan mengerti apa yang sudah dialami oleh seseorang, maka jangan cepat mengambil kesimpulan bahwa seseorang tersebut lemah. Bisa jadi jika kita ada di posisi mereka kita justru akan mengalami kesedihan yang lebih mendalam. Berusaha untuk membayangkan diri kita jika berada di posisi mereka akan dapat membantu kita untuk lebih berempati lagi, karena sebenarnya kebanyakan orang yang sedang bercerita mengenai masalahnya hanya memerlukan tempat untuk didengar.

2. Jangan suka membandingkan masalah

Photo: Good Studio/Adobe Stock

“Masalah lo gitu doang? Ah elah, coba bayangin, kalo gue nih…” kalimat tersebut pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kalimat tersebut terkesan berusaha untuk menyemangati namun justru memberikan efek sebaliknya. Membandingkan masalah kita dengan narasi bahwa masalah yang mereka hadapi bukanlah masalah besar adalah hal yang tidak patut untuk dilakukan, karena seperti tips pertama, setiap orang memiliki ketahanan dan kekuatan mentalnya masing-masing. Jangan membuat mereka merasa bahwa masalah atau pun perasaan yang mereka rasakan adalah hal yang dibesar-besarkan. Hal yang paling dibutuhkan seseorang yang sedang bercerita mengenai masalahnya adalah dukungan emosional bahwa apa yang mereka rasakan itu valid.

  1. Menghargai satu sama lain

                                                             Photo: Thomas Barwick/Getty Images

Menghargai seorang teman dengan melihat mereka sebagai seseorang yang memilikidapat membantu kita untuk saling menghargai satu sama lain. Menghargai perasaan masing-masing adalah salah satu kunci penting dalam membentuk support system yang . Menghargai satu sama lain bisa dilakukan dalam berbagai macam bentuk, seperti memberikan kata-kata serta dukungan positif yang tulus, memberikan ruang kepada seseorang untuk menentukan sendiri keputusan terbaik bagi dirinya, memberikan saran yang baik tanpa ada niatan untuk menggurui, dan sebagainya.

  1. Kenali dan sayangi diri sendiri dulu

                                                       Photo: Barrirret via Getty Image

Nah, kalau dipikir-pikir selalu mendengarkan cerita orang lain itu juga melelahkan, lho. Terlebih lagi ketika kita juga memiliki masalah tersendiri yang membuat kita sedih. Ada baiknya sebelum kita menyanggupi untuk mendengarkan masalah orang lain kita memberikan diri sendiri waktu untuk mencerna apakah kita sedang baik-baik saja atau tidak. Menjadi baik untuk orang lain merupakan hal yang penting, tetapi menyayangi dan mengenal diri sendiri merupakan hal nomor satu yang harus kita lakukan. Dengan kita dapat menyayangi diri sendiri, kita juga dapat memberikan kasih sayang yang lebih banyak kepada orang-orang di sekitar kita.

Setiap manusia membutuhkan support system dalam hidupnya. Support system yang baik dapat memberikan seseorang kekuatan di saat mereka sedang merasa sedih maupun gelisah. Sudah selayaknya sebagai sesama manusia untuk saling mendukung antara satu sama lain. Maka dari itu, yuk mulai belajar menjadi support system yang baik agar dapat membantu orang banyak!

DAFTAR PUSTAKA

https://www.halodoc.com/artikel/pentingnya-support-system-untuk-pengembangan-diri

Difa Farah Thalia (Psikologi - 2101703644)