SHARING SESSION WITH MOHAMED HASNON (PAK HASNON) FROM SCDF SINGAPORE

Sharing session bersama Pak Hasnon merupakan acara sharing session internal yang diadakan pada hari Minggu, 4 Oktober 2020 pukul 12.00 – 15.00 WIB melalui platform ZOOM  yang terdiri dari dua sesi. Pada sesi pertama semua anggota terutama anggota baru FARCO membahas mengenai kedaruratan medis dan apa yang diperlukan untuk menjadi seorang fast responder sedangkan sesi kedua diperuntukkan untuk anggota FARCO yang telah mendapatkan materi Basic Life Support (BLS) dan membahas mengenai High Performance Cardiopulmonary Resuscitation (HP-CPR).

Sharing session ini diikuti oleh total 30 orang anggota FARCO dan dimoderatori oleh David Amadeo yang berhasil memandu acara dengan baik dari awal hingga akhir. Tujuan diadakannya sharing session ini adalah agar seluruh anggota FARCO terutama anggota baru dapat memahami salah satu materi dasar first aid yakni mengenai kedaruratan medis dan mendapatkan pengetahuan mengenai apa yang harus dilakukan untuk menjadi seorang fast responder yang baik. Sesi kedua merupakan sesi yang lebih santai dimana mengutamakan diskusi pembahasan High Performance Cardiopulmonary Resuscitation (HP-CPR) yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dari anggota FARCO yang telah mendapatkan materi dasar Basic Life Support (BLS).

Sharing session kali ini dibawakan oleh narasumber yang sangat berpengalaman di bidang pertolongan pertama yakni Bapak Mohamed Hasnon, seorang paramedis Lv. 4 yang merupakan anggota dari Singapore Civil Defence Force (SCDF) Singapura.  Sesi pertama dimulai pada pukul 12.00 WIB dengan diawali perkenalan profile narasumber dilanjutkan dengan sesi penjelasan materi mengenai kedaruratan medis oleh Pak Hasnon serta membahas beberapa penyakit yang umum terjadi seperti angina, serangan jantung, strokeseizure, hingga pingsan. Setelah sesi penjelasan materi selesai acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Terlihat anggota FACO tampak antusias berdiskusi dan menanyakan beberapa hal secara langsung kepada pembicara pada saat sesi tanya jawab.

Setelah sesi tanya jawab selesai, panitia mengadakan games Kahoot yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang telah dibahas sebelumnya. Sharing session sesi pertama telah selesai, peserta diberikan waktu break selama 15 menit sebelum acara dilanjutkan pada sesi kedua yang membahas mengenai materi High Performance Cardiopulmonary Resuscitation (HP-CPR). Setelah penjelasan materi selesai, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab secara langsung dengan Pak Hasnon.

Setelah mengikuti sharing session ini diharapkan semua anggota FARCO dapat mendapatkan berbagai insight baru mengenai kedaruratan medis, bagaimana menjadi seoarang fast responder yang baik dan High Performance Cardiopulmonary Resuscitation (HP-CPR) dan dapat menjadi bekal yang baik sehingga seluruh anggota FARCO dapat menjadi fast responder yang lebih baik di masa depan.

Cecilia Astri P. S.