Seminar Kesehatan Mental : Menjadi Pribadi yang Tangguh dan Mampu Merawat Diri agar Sejahtera secara Psikologis

Pada tanggal 25 September 2020 yang lalu, Student Advisory and Support Center bekerjasama dengan Binus Career dan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) mengadakan seminar bertema Kesehatan Mental. Topik yang diangkat adalah terkait menjadi pribadi yang Tangguh dan mampu merawat diri agar sejahtera secara psikologis.  Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan pembentukan “Friendscare Community” yang digagas oleh Student Advisory and Support Center (SASC).  Kegiatan ini menghadirkan Dr. Andik Matulessy selaku Sekretaris Jendreal HIMPSI dan Anrilia E M Ningdyah, Ph.D.Psikolog selaku Ketua Kompartemen 7 Hubungan Nasional dan Internasional HIMPSI dan Laksita Nastiti, M.Psi., Psikolog yang juga merupakan konselor dari Program Development Center Binus Square selaku moderator.

 

 

Acara yang dilakukan melalui webinar dan juga streaming melalui youtube Binus Career ini dihadiri oleh mahasiswa dan alumni dari berbagai area kampus Binus University. Antusiasme para peserta juga terlihat dari beragam pertanyaan yang diajukan seputar masalah Kesehatan mental yang saat ini banyak menjadi perbincangan terutama terkait dengan kondisi pandemic akibat merebaknya virus COVID19. Pada sesi pertama, Pak Andik demikian beliau disapa menjelaskan mengenai permasalahan yang dihadapi seorang mahasiswa terkait adaptasi studinya yang kemudian juga menceritakan dampak terhadap kondisi yang saat ini terjadi terhadap kehidupan seorang mahasiswa. Permasalahan yang saat ini disoroti antara lain adalah terkait masalah pribadi, penyesuaian studi, model perkuliahan, penyesuaian dengan dosen, staf serta aturan dan kebijakan terkait dengan perkuliahan serta kurangnya dukungan dari keluarga merupakan hal-hal yang seringkali terjadi pada mahasiswa di seluruh Indonesia. Hal ini dapat menimbulkan adanya kondisi stress yang dialami oleh mahasiswa sehingga berdampak pada prestasi belajar dan kesejahteraan psikologis seseorang. Terlebih lagi kondisi belajar dari rumah selama masa pandemic COVID19 ini juga menimbulkan permasalahan baru karena kita dituntut untuk membatasi interaksi dengan banyak orang dan juga lebih banyak melakukan aktivitas dari rumah. Terkait dengan hal tersebut, Pak Andik juga menjelaskan dukungan yang diberikan oleh HIMPSI selaku lembaga yang peduli terhadap kondisi Kesehatan Mental masyarakat dalam bentuk Layanan konsultasi online melalui hotline SEJIWA 119 ext 8. Layanan ini diberikan agar masyarakat memiliki akses untuk bisa menceritakan permasalahan yang dihadapi selama menghadapi kondisi pandemic COVID19 ini dan dibantu untuk dapat menyelesaikan permasalahan psikologis yang dihadapi oleh para professional dari HIMPSI.

 

 

Pada sesi selanjutnya, terkait tentang Self Care yaitu bagaimana cara merawat diri agar bisa sejahtera secara psikologis. Materi yang dibawakan oleh Ibu Anri ini lebih banyak menceritakan tentang aspek-aspek yang berpengaruh pada kondisi kesehatan mental seseorang seperti : faktor fisik, sosial, psikologis serta komponen-komponen yang ada di dalamnya. Selain itu sesi ini ini juga menjelaskan mengenai tips-tips yang bisa dilakukan untuk bisa membuat seseorang bisa bangkit dari keterpurukan (resiliens). Kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari para peserta yang sebelumnya sudah disampaikan melalui kolom chat box. Antusiasme peserta terlihat dari beragamnya pertanyaan yang diajukan terkait dengan kondisi yang dialami maupun kondisi yang mereka alami sehari-hari. Kegiatan ditutup dengan penjelasan dari Kak Annisa Dwi Rachmawati, M.Psi., Psikolog selaku Disability Services Section Head yang menjelaskan tentang program Friendscare Community yang akan dijalankan bagi rekan-rekan Binusian.

Melalui kegiatan ini diharapkan para peserta dapat mendapatkan pengetahuan bagaimana untuk bisa menjadi pribadi yang tangguh dan mampu untuk bisa menjaga kesehatan mental masing-masing yang juga bisa berdampak ke lingkungan sekitar. Bagi kalian yang ingin mendengarkan materi dari seminar ini kalian bisa mengakses streaming materi ini melalui YouTube Binus Career di https://www.youtube.com/channel/UCkPPd-NKBEhAuKrk_mutD7w

Sampai jumpa di kegiatan terkait kesehatan mental lainnya ya ?

 


“Talk to yourself like you would do to someone you love – Brene Brown”