Pentingnya Self Care dan Self Love untuk Kesehatan Mental

Self care dan self love itu dua hal yang berbeda lho! Kalau self care itu lebih menggambarkan perawatan diri secara fisik dan mental, sedangkan self love itu lebih pada menumbuhkan penerimaan terhadap diri sendiri. Meski berbeda, self care dan self love tetap sama pentingnya dan keduanya diperlukan untuk kesehatan mental kita. Yuk, kita kenal lebih dalam apa itu self care dan self love.

Apa itu self love?

Menurut Deborah Khoshaba Psy.D, self love yaitu suatu apresiasi terhadap diri sendiri yang bersifat dinamis, yang tumbuh dari tindakan yang mendukung pertumbuhan fisik, psikologis, dan spiritual kita—tindakan yang membuat kita dewasa (Psychology Today, 2012). Dengan cara jujur dengan diri sendiri mengenai kekurangan kita serta kekuatan yang kita miliki dan juga menjadi diri sendiri. Sama halnya dengan kita mencintai orang lain hanya saja ini dengan diri sendiri.

Apa itu self care?

Menurut Helen L. Coons, psikolog kesehatan klinis, self care dapat dikatakan tindakan untuk fisik, emosi, relasi, dan mungkin juga profesional, edukasi, untuk beberapa orang, kesejahteraan spiritual yang mencerminkan cara kita menjaga diri kita sendiri pada tingkat yang paling mendasar. Intinya, self care adalah melakukan perawatan untuk diri kita sendiri dengan cara melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk diri kita.

Tapi banyak orang yang menganggap kalau perilaku self care atau self love ini adalah suatu bentuk keegoisan seseorang. Pemikiran seperti ini tentunya salah. Memikirkan keluarga, teman, pacar itu tidak salah tetapi diri kitapun butuh perawatan dan perhatian juga. Terkadang jika terlalu memikirkan orang lain, kita sampai lupa dengan diri kita dan juga bisa tidak mengenali diri sendiri. Banyak hal yang tidak diinginkan terjadi di luar kendali kita yang menggoyahkan self care dan self love ini.

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan untuk bisa mencintai diri sendiri? Berikut cara menerapkan self love dan self care:

1. Memaafkan kesalahan

Setiap orang dapat melakukan kesalahan dan semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Jika kita melakukan hal yang tidak seharusnya atau telah salah mengambil langkah, dengan kita menyadari kesalahan yang telah kita perbuat dan memaafkannya kita sudah menerapkan self love. Kita dapat berdamai dengan diri sendiri setelah kita memaafkan kesalahan kita adalah bentuk self love dan self care. Hanya saja tetap disertai dengan usaha memperbaiki diri agar tidak terulang di masa yang akan datang.

2. Me time!

Sering kali kita mendengar kata me time, kita melakukan sesuatu yang kita sukai. Misalnya ke salon, menonton bioskop atau makan di luar. Jadi, konsep self love salah satunya bisa dengan cara melakukan hal-hal yang menyenangkan untuk diri sendiri yaitu me time. Nah, meskipun sendirian bukan berarti kesepian, me time diperlukan untuk bisa merasakan kesenangan batin. Dengan cara me time ini kita dapat membuang energi negatif yang ada pada dalam diri kita. Jadi selain istirahat setelah bekerja, jangan lupa untuk melakukan hal yang menyenangkan juga untuk diri sendiri yaaJ

3. Menjauhkan orang-orang yang membawa pengaruh buruk.

Menghindari orang-orang yang memiliki pengaruh buruk atau toxic people itu juga sangat penting untuk diri kita dan juga untuk kesehatan mental kita loh. Mungkin ada diantara kita yang memiliki teman atau orang-orang di lingkungannya yang sering berperilaku negatif seperti membicarakan teman sendiri, tidak supportif, serta mengajak hal-hal negatif yang merugikan diri kita. Batasi interaksi dengan orang-orang

yang menurutmu membawa pengaruh buruk seperti ini. Jika kita memiliki teman yang seperti ini, tidak perlu menjelek-jelekkan orang tersebut, kita cukup bersikap netral. Bersikaplah sewajarnya dan tidak perlu membuat konflik karena memutuskan pertemanan juga bukan pilihan yang bijak. Lebih baik kelilingi dirimu dengan teman-teman yang positif dan dapat membuatmu berkembang. Misalnya, dengan orang-orang yang memiliki wawasan yang luas dan memiliki skill yang bisa kamu pelajari.

4. Jalani hidup yang sehat

Menjalani kehidupan yang sehat juga perilaku self love dan self care, misalnya dengan asupan makanan yang sehat, olahraga yang teratur, dan tidur yang cukup. Upaya lainnya juga dapat melakukan relaksasi menjaga kebersihan. Hal ini penting untuk alasan sosial, medis dan juga psikologis.

Selain tips-tips di atas kamu juga dapat melakukan apresiasi kepada diri kamu sendiri. Ini adalah bentuk terimakasih pada diri sendiri serta dapat menyemangati diri untuk melakukan hal-hal yang lebih baik lagi. Dengan melakukan self care dan self love ini kamu meningkatkan kualitas diri kamu juga loh!

“to fall in love with yourself is the first secret to happiness.” – Robert Morely

Referensi :

  • Https://www.halodoc.com/artikel/pentingnya-self-care-untuk-kesehatan-mental
  • Https://www.halodoc.com/artikel/pentingnya-self-love-untuk-kesehatan-mental
  • Https://www.psychologytoday.com/us/blog/get-hardy/201203/seven-step-prescription-self-love
Annisa (Psikologi - 2101655430)