METAMORPHOSE “MAKE UP YOUR CV AND PREPARE FOR YOUR PERSONAL INTERVIEW”

Program Development Center (PDC) BINUS Square dan tim Recruitment Human Capital (HC) BINUS University berkolaborasi mengadakan kegiatan Metamorphose, sebuah kegiatan yang bertujuan mengembangkan diri mahasiswa untuk siap masuk ke dunia profesional. Kegiatan Metamorphose kali ini memiliki tema persiapan magang / kerja dan diadakan selama 3 hari yaitu tanggal 13, 15 dan 20 Oktober 2020.

Rangkaian pertama Metamorphose berbentuk seminar dengan judul ‘Write Compelling Resume and Nailed Your Online Interview’. Seminar ini diikuti oleh Boarder dan Binusian serta materi dibawakan oleh Kak Geo Doddy dan Kak Ezra sebagai perwakilan dari HC BINUS University. Saat memulai seminar, Kak Geo menyapa peserta seminar dengan ramah dan peserta menunjukkan antusiasnya melalui kolom chat box. Ada 3 hal yang perlu diingat peserta ketika membuat resume yaitu lowongan pekerjaan, membuat CV dan menganalisa CV.

Pada bagian lowongan pekerjaan, kandidat perlu mengetahui persyaratan yang dibutuhkan oleh suatu pekerjaan dan mengenal perusahaannya. Kedua, dalam pembuatan CV, pemateri menyarankan kandidat untuk membuat CV secara menarik. Saat ini banyak aplikasi yang bisa digunakan seperti Canva, CV maker atau novoresume dan terakhir menganalisa CV, kandidat perlu menganalisa CV-nya sendiri dengan memperhatikan isi dan grammar atau tata bahasa. Selain itu, kandidat dapat meminta feedback dari orang lain mengenai CV yang telah dibuatnya. Mengingat kondisi sekarang sedang tidak memungkinkan wawancara secara langsung maka kegiatan wawancara dilakukan secara online. Oleh karena itu, jaringan koneksi internet yang baik sangatlah diperlukan. Di tengah sesi, pemateri mengajak peserta bermain kahoot dua kali untuk mengetes apakah peserta memperhatikan materi-materi yang telah disampaikan.

Setelah kegiatan pertama dari rangkaian Metamorphose telah dilaksanakan, sesi berikutnya adalah Coaching Clinic mengenai ‘Make Up Your CV’. Acara ini diadakan pada hari Rabu, 15 Oktober 2020 pukul 17.00 – 19.00 WIB secara online menggunakan zoom. Peserta yang dapat mengikuti kegiatan ini terbatas untuk Boarder yang duduk di semester 3 – 5. Tujuan diadakannya Coaching Clinic adalah peserta dapat bertanya dan berdiskusi langsung tentang CV dengan pemateri dari Human Capital BINUS University.

Dalam kegiatan ini, peserta telah dibagi ke dalam 5 kelompok dan dimasukkan ke dalam fitur breakout room. Di dalam breakout room, pemateri berkenalan dengan peserta lalu meminta peserta untuk menunjukkan resume atau CV yang telah disiapkan. Setiap CV peserta akan diberi masukan oleh peserta lain atau pemateri sendiri. Pemateri juga memberikan masukan-masukan yang berguna bagi peserta dalam menuliskan CV seperti pengecekan grammar bila CV menggunakan Bahasa Inggris atau penulisan alamat rumah pada CV. Peserta perlu melihat lowongan pekerjaan yang dibutuhkan berlokasi di kota apa sehingga memudahkan kandidat atau rekruter dalam pemanggilan wawancara.

Rangkaian terakhir adalah Coaching Clinic ‘Preparation for Personal Interview’ yang dilaksanakan tanggal 20 Oktober 2020. Pada sesi ini, peserta kembali dimasukkan ke dalam kelompok lalu melakukan praktek seakan-akan sedang menghadapi interview pekerjaan di suatu perusahaan. Selain praktek wawancara, pemateri juga memberikan beberapa masukan terhadap cara peserta menjawab.

Secara keseluruhan, acara ini menarik dan berguna bagi peserta. Konsep kegiatan seperti ini bagus dilakukan karena peserta bisa bertanya langsung dan pemateri dapat menyampaikan masukan-masukan berdasarkan CV yang telah peserta siapkan. Harapan diadakannya kegiatan ini adalah peserta dapat menuangkan informasi yang penting ke dalam CV dan memperhatikan desain CV sudah sesuai dengan pribadi mereka atau tidak.

Cecilia Astri P. S.