FIRST AID WEBINAR “FIRST THINK FIRST AID”

Webinar First Think, First Aid merupakan acara webinar online pertama yang diadakan oleh FARCO dan terbuka untuk umum. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 26 September 2020 pukul 19.00 WIB secara online, via Zoom Cloud Meeting, dengan topik pembicaraan First Aid. Acara ini diselenggarakan oleh FARCO dan tim PDC Binus Square dengan tujuan untuk membagikan pengalaman dalam dunia first aid, serta memberikan edukasi kepada para peserta mengenai hal-hal yang terkait dengan first aid. Peserta yang hadir dalam acara ini cukup banyak, sekitar 170 orang dan para peserta terlihat cukup antusias, hal ini dilihat dari banyak peserta yang sudah memasuki waiting room Zoom sebelum pukul 19.00.

Konsep dari acara webinar kali ini adalah talkshow. Farco menghadirkan 2 narasumber atau bintang tamu terpercaya yang sudah ahli dalam bidang emergency first response, hal ini terlihat dari background mereka. Narasumber pertama yakni Siti Sundari, S.A.P yang merupakan senior first aid practitioner di PMI dan pembicara kedua kita yakni M. Marhal yang merupakan anggota dari BASARNAS Special Group. Selain itu mereka juga didampingi seorang MC sekaligus moderator yang merupakan salah satu anggota FARCO yakni Andi Novaldi yang sudah cukup mengenal dunia first aid. Dia berperan untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan seputar first aid terhadap kedua narasumber.

Pada saat sesi tanya jawab, para peserta terlihat sangat antusias, banyak peserta yang berlomba-lomba mengajukan pertanyaannya kepada kedua narasumber, oleh karena itu sesi tanya jawab harus sedikit lebih diperpanjang, dikarenakan setiap pertanyaan yang ditanyakan oleh peserta sangat menarik dan mengedukasi peserta lain. Selain sesi talkshow dan tanya jawab, terdapat sesi game quiz berhadiah di akhir acara. Sama halnya dengan sesi tanya jawab, para peserta pun sangat antusias ketika mengikuti lomba, dan mereka dapat menjawab pertanyaan quiz tersebut dengan sangat baik, yang tentunya ditambahkan oleh kedua narasumber.

Setelah mengikuti acara webinar kali ini, para peserta diharapkan dapat memperoleh insight mengenai first aid dan mulai mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan ketika menghadapi situasi seperti pingsan, perdarahan dan lain sebagainya. Selain itu, peserta diharapkan dapat menyadari pentingnya pengetahuan tentang first aid, karena tindakan pertama yang dilakukan seorang penolong sangat mempengaruhi kondisi korban kedepannya.

Cecilia Astri P. S.