Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Aktivis Organisasi Kemahasiswaan BINUS University

“Life is like riding bicycle, to keep your balance, you must keep moving” (Albert Einstein). “Hidup adalah seperti mengendarai sepeda, untuk tetap membuatnya seimbang, kita harus tetap bergerak”. Kutipan dari Albert Einstein tersebut dapat menggambarkan semangat dari para pengurus dan aktivis organisasi kemahasiswaan (OK) BINUS University untuk terus beraktivitas dalam kondisi pandemi. Salah satu aktivitas yang dilakukan OK Binus University adalah melakukan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Aktivis. Sebelum datangnya pandemi, Beberapa OK memang sempat melakukan LDK Aktivis (LDKA) secara onsite, namun ketika pandemi datang dan kegiatan onsite tidak dapat dilakukan, beberapa OK tetap melaksanakan kegiatan tersebut dalam bentuk online.

Dalam manajemen, unsur-unsur yang harus ada dalam suatu organisasi dikenal dengan “6 M”, yakni: man method, money, material, machines, methode dan market. Dari “6 M” tersebut, Man (manusia) adalah faktor terpenting yang harus ada di organisasi, karena “manusia” lah yang mempersiapkan “5 M” lainnya. Hal tersebut disadari pula oleh OK BINUS University, pandemi tidak menjadi penghalang mereka  untuk mempersiapkan dan menyelenggarakan LDKA secara online.

Kegiatan LDKA online ini diselenggarakan mulai tanggal 27 Maret hingga 30 April 2020. Organisasi Kemahasiswaan yang menyelenggarakan LDKA online antara lain: HIMME, BASIC, STAMANARA, HIMTEK, Karate, KBMK, Sepakbola, Hapkido, HIMSLAW, HIMPGSD, BGDC, KMH, HIMHI, HIMANDA, ISG, IMCB, Aikido, Wushu, Nippon Club, BNFC,Bpreneur,  HIMPAR, HIMARS, dan HIMDI.

Para peserta LDKA sendiri mayoritas berasal dari BINUSIAN 2023 yang merupakan calon pengurus OK periode berikutnya. Materi yang disampaikan dalam LDK A antara lain: pengenalan masing-masing organisasi, basic leadership, pentingnya softskill, pembuatan proposal dan laporan pertanggungjawaban, dll. Selain materi, LDK Aktivis juga diisi dengan beberapa permainan, seperti kahoot, selain itu juga presentasi dari tugas yang telah diberikan sebelumnya. Sebelum mengikuti LDKA, para peserta telah mengikuti Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) BASIC sebagai syarat untuk mengikuti LDKA. LKMM BASIC terdiri dari 2 materi yakni: Priority Management (PRIME), dan Communication, Teamwork and Emotional Intelligence (COMMET). LKMM BASIC diselenggarakan oleh Student Development Center (SDC) BINUS University.

Setelah mengikuti LDKA, para peserta secara resmi telah menjadi aktivis dari masing-masing organisasi kemahasiswaan. Selanjutnya para aktivis ini akan mengikuti LDK Pengurus (LDKP), yang dikhususkan bagi para aktivis yang mempunyai potensi untuk menjadi pengurus OK periode selanjutnya (2021/2022). Melalui berbagai pembekalan bagi para aktivis, yang dimulai dari LKMM BASIC, LDK Aktivis, LDK Pengurus ini, mereka diharapkan siap untuk menerima estafet kepemimpinan dari para seniornya dan membawa organisasi kemahasiswaan masing-masing menjadi lebih baik lagi.

Cosmos Hendrawan, S.Sos