Student Organization UpGrade 2020 – Part 1

Kegiatan “kuliah atau bekerja dari rumah” tidak mengurangi antusiasme para Ketua Umum Organisasi Kemahasiswaan (OK) BINUS University untuk mengikuti Student Organization (SO) Upgrade yang telah diadakan oleh Student Club and Activity Center (SCAC) BINUS University melalui Video Conference pada hari Selasa, 31 Maret 2020, mulai pukul 14.00. Disela-sela perkuliahan yang dilakukan secara online, tercatat sekitar 70 organisasi kemahasiswaan yang berasal dari Kampus Binus Kemanggisan, Alam Sutera,  Senayan dan Bekasi mengikuti acara ini. Acara SO upgrade sendiri merupakan acara rutin yang diadakan SCAC setiap tiga bulan sekali sebagai bagian dari pembinaan SCAC terhadap OK dengan tujuan untuk meningkatkan soft skills para Ketua Umum OK serta berbagi informasi serta diskusi tentang perkembangan OK setiap tiga bulan sekali.

 

 

 

 

 

 

Acara diawali dengan diskusi yang menghadirkan Mchaeliel J.S. Pesik – Deputy Director of Partnership (Yayasan Pondok Kasih) yang membawakan materi “ How to Lead in Unexpected Situation” . Dalam paparannya pembicara menyampaikan hal-hal yang dapat dilakukan masing-masing OK agar tetap produktif menghadapi situasi yang diluar perkiraan seperti pada masa pandemi Corona seperti ini. Narasumber yang berusia masih dibawah 30 tahun ini juga menyampaikan pengalamannya ketika menghadapi situasi yang diluar perkiraan dan bagaimana dia menghadapinya.

Setelah sesi pertama selesai, SO Upgrade kemudian dilanjutkan dengan diskusi yang membahas berbagai hal tentang kegiatan Organisasi Kemahasiswaan dalam kondisi Work from Home (WfH) ini. Diskusi dibuka oleh SCAC dengan paparan antara iain: kebijakan SCAC terhadap kegiatan organisasi kemahasiswaaan dalam kondisi WfH, evaluasi terhadap kegiatan selama periode Januari – Maret, massalah regenerassi organisasi, serta bagaimana rencana kegiatan OK selanjutnya juga dalam rangka mencapai Key Performance Indicator (KPI) Organisasi. Semangat untu tetap produktif selama WFH mendorong diskusi pada sesia kedua ini berjalan begitu menarik, hingga tak terasa waktu telah menunjukkan pukul 17.15 melebihi alokasi waktu yang seharusnya. Sesi akhirnya ditutup dengan beberapa simpulan oleh Irvan Santoso selaku SCAC Manager.

Cosmos Hendrawan, S.Sos