Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) BINUS University 2020

BINUS University telah melaksanakan final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) tingkat Universitas pada 28 Februari 2020. Acara dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Johan, S.Kom., MM. (Vice Rector of Student Affairs and Community Development) dalam sambutan Beliau menyampaikan arti menjadi Mahasiswa Berprestasi tidak hanya memiliki keunggulan dalam hal akademis, namun non akademis yang perlu diasah. Beliau menyampaikan juga bahwa seleksi ini bertujuan mencari satu kandidat terbaik diantara yang terbaik untuk mewakili BINUS University berkompetisi ditingkat LLDIKTI sampai Nasional dengan Mahasiswa terbaik dari Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Peserta final PILMAPRES terdiri dari 5 kandidat terbaik yang sebelumnya telah diseleksi dari semua fakultas yang ada di BINUS University. Finalis yang lolos dan telah bertanding dalam Final Pilmapres 2020 antara lain:

  1. Agnes Isna KuswondoFaculty of Humaniora
  2. Debyanca Sagitasya SaputraBinus Business School Undergraduate Program
  3. Dinda PermatasariSchool of Information System
  4. Felix KurniawanSchool of Computer Science
  5. Liana TanBinus Northumbria School of Design

Para finalis melakukan persentasi Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang telah di persiapkan dari sejak kandidat dinyatakan lolos menjadi Mahasiswa Berprestasi (MAPRES) tingkat fakultas, didampingi Dosen yang kompeten dalam bidangnya. Sesi persentasi KTI dipandu oleh dua panelis yang sudah terbukti memiliki track record dalam bidang ilmiah, yakni Prof. Tirta Nugraha Mursitama, S.Sos., MM., Ph.D (Vice Rector of Research and Technology Transfer) dan Dr. Yohannes Kurniawan, S.Kom, S.E., M.MSI (Dean of School of Information Systems). Finalis diberikan waktu 4 menit untuk mempresentasikan KTI dilanjut 8 menit sesi tanya jawab dengan panelis.

Berikutnya dilanjutkan dengan sesi Impromptu Speech, dimana finalis diberikan topik tertentu. Dilanjutkan dengan finalis mempersiapkan paparan dari topik tersebut, kemudian memaparkan topic tersebut selama 3 menit. Berikutnya finalis akan menerima sanggahan/pertanyaan dari finalis lain dan panelis. Panelis dalam sesi Impromptu Speech final PILMAPRES kali ini adalah Kristianus Oktriono, S.Si., M.M., M.B.A. (Language Center Manager) dan Alex Jhon, S.S., M.Hum. (Subject Content Coordinator – Foreign Language). Sesi ini bertujuan untuk menilai kemampuan Bahasa Inggris para finalis.

Setelah penjurian dan rapat Dewan Juri, maka ditetapkan juara Mahasiswa Berprestasi tingkat Universitas tahun 2020 kali ini adalah Agnes Isna Kuswondo dari Faculty of Humaniora. Serta dalam final ini terdapat kategori juara Mawapres Favorit yang penentuannya berdasarkan voting oleh Binusian, dan yang mendapat juara Mawapres Favorit kali ini adalah Dinda Permatasari dari School of Information System. Seluruh rangkaian acar final Pilmapres kali ini disiarkan langsung oleh BINUS TV, yang dapat rekan-rekan kembali saksikan di link berikut ini: MAWAPRES 2020 BINUS UNIVERSTY – BINUS TV

Ahmad Fikron Maulida, S.E.