Program Kader Muda Bela Negara Kementrian Pertahanan Untuk Ketua Organisasi Kemahasiswaan di BINUS University

Ketua Organisasi Kemahasiswaan Terpilih Periode 2020  BINUS University Mengikuti Program Kader Muda Bela Negara Kementrian Pertahanan.

Bogor –  Sebanyak Enam Puluh Empat orang (64) Ketua Organisasi Kemahasiswaan (OK) terpilih BINUS University periode 2020 mengikuti program Kader Muda Bela Negara Kementrian Pertahanan (Kemhan) Republik Indonesia dengan lokasi di Pusat Pendidikan (Pusdiklat) Bela Negara, Rumpin, Bogor mulai tanggal 18 – 22 November 2020. Ketua OK terpilih tersebut berasal dari berbagai Kampus BINUS University @Jakarta, yakni: Kemanggisan, Alam Sutera, Senayan dan Bekasi.  Mereka terdiri dari para Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Pendidikan Kader Muda Bela Negara ini merupakan satu rangkaian kegiatan yang harus diikuti oleh Ketua OK Terpilih periode 2020 sejak mereka menjadi Bakal Calon Ketua di organisasi masing-masing. Sebelumnya, para Ketua OK telah mengikuti beberapa program pembekalan, antara lain: Kick Off dengan materi: Mindset Aktivis OK, Dasar dan Fungsi Organisasi. Selanjutnya para Bakal Calon Ketua itu juga telah mengikuti workshop “A Journey To Become An Impactful Leader In Planning And Executing” yang diadakan pada tanggal 30 dan 31 Juli 2019. Melalui workshop tersebut,  diharapkan para Bakal Calon Ketua mampu menggali akar permasalahan yang terjadi di Organisasi masing-masing serta mampu menemukan solusi terhadap akar permasalaham tersebut.

Melalui pendidikan Kader Muda Bela Negara ini, diharapkan para Ketua OK terpilih ini nantinya  dapat menjadi kader Muda Bela Negara yang berkarakter dan memiliki Jiwa Nasionalisme serta Patriotisme yang tinggi, selain itu juga untuk mengembangkan Leadership Skill, khususnya pada aspek kedisiplinan, integritas, sekaligus menumbuhkan kecintaan terhadap Alamamater.

Sebelum berangkat menuju Pusdiklat Bela Negara, diadakan upacara pelepasan para Ketua OK terpilih pada hari Jumat, 18 November 2019. Bertempat di ruang Kijang Function Chamber, Kampus Kijang BINUS University. Para Ketua OK terpilih 2020 dilepas oleh Bapak Johan, S.Kom., MM., sebagai Vice Rector Student Affairs and Community Development (SACD) BINUS University. Turut hadir dalam acara pelepasan tersebut antara lain: Bapak Robby Saleh, S.Kom., MT. (Student Affairs Senior Manager), Bapak Irvan Santoso S.Kom., M.Ti. (Studeng Club and Activity Center Manager), Bapak Yan Anfre Peranginangin, M.Psi., Psikolog (Student Development Center Manager), para Pelatih dari Pusdiklat Bela Negara Kemhan, serta para pembina Organisasi Kemahasiswaan. Pelepasan ditandai dengan pemakaian topi Bela Negara oleh Bapak Johan kepada salah seorang perwakilan Ketua OK terpilih periode 2020. Setelahnya peserta berangkat dari Kampus Kijang menuju Pusdiklat Bela Negara Kemhan RI di Rumpin Bogor.

Sesampainya di lokasi, para Ketua OK Terpilih melakukan pengenalan lokasi diklat serta persiapan untuk upacara pembukaan Diklat Kader Muda Bela Negara. Keesokan harinya, Selasa, 19 Desember 2019,  tepat pukul 09.00,  bertempat di lapangan sepakbola, upacara pembukaan Kader Muda Bela Negara dimulai dengan Inspektur Upacara Kepala Pusat Pendidikan (Kapusdiklat) Bela Negara Kemhan, Brigjen TNI Kartiko Wardhani, M.Tr.(Han). Dalam amanatnya Kapusdiklat antara lain menyampaikan bahwa Bela Negara adalah sebuah konsep yang disusun sebagai diamanatkan dalam UUD 1945, Pasal 27, ayat (3) bahwa “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Hakekat Pembinaan kesadaran Bela Negara adalah upaya untuk membangun karakter bangsa Indonesia yang memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme serta ketahanan nasional demi terwujudnya NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta terpeliharanya pelaksanaan Pembangunan Nasional guna mencapai tujuan nasional”. Selain BINUS University, upacara pembukaan juga diikuti oleh calon Kader muda Bela Negara dari Bank Mandiri dan Bank Rakyat Indonesia.

Selama mengikuti diklat, para Ketua OK terpilih mengikuti beberapa aktivitas baik indoor maupun outdoor. Materi yang diberikan antara lain: Pengantar Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, Sistem Pertahanan Semesta, Kepemimpinan Berwawasan Bela Negara, Bahaya Terorisme dan Radikalisme, Kewaspadaan Dini, Keterampilan Bela Negara, dll.  Para pengajar diklat merupakan Widyaiswara yang berasal dari Kemhan, BNN, BNPT, dll.

Akhirnya pada hari Jumat, 20 November 2019, setelah mengikuti berbagai rangkaian kegiatan, Diklat Kader Muda Bela Negara Kemhan ditutup. Upacara penutupan dilakukan di Aula Bela Negara, dengan Inspektur Upacara, Kolonel Inf. Afson Riswandi Sirait S.E selaku Koordinator Widyaiswara Pusdiklat Bela Negara Kemhan. Upacara penutupan ditandai dengan penyematan “Pin Bela Negara” kepada seluruh peserta yang menandakan para peserta telah resmi menjadi “Kader Muda Bela Negara”.

Diakhir upacara penutupan, Bapak Robby Saleh, S.Kom., MT. selaku Student Affairs Senior Manager BINUS University memberikan pesan-pesan kepada para Ketua OK terpilih 2020 agar lebih banyak mengenal dan mempelajari Indonesia, karena semakin kita mengenal potensi Indonesia, kita akan semakin mencintai Indonesia. Selain itu Visi Indonesia 2045 ditargetkan menjadi negara ekonomi terkuat 5 besar di dunia, dan pada saat itu adalah usia emas para Ketua OK terpilih. Diharapkan para Ketua OK terpilih dapat memberikan kontribusinya dalam upaya bangsa ini mencapai visinya.

Diakhir upacara penutupan para Ketua OK terpilih 2020 menampilkan yel-yel yang menunjukkan semangat dan kekompakan mereka didepan para hadirin. Hadir dalam upacara penutupan tersebut antara lain: Bpk. Irvan Santoso (SCAC Manager), para pembina Organisasi Kemahasiswaan (SCAC), perwakilan Student Development Club (SDC) BINUS University, para Widyaiswara, dan pelatih Pusdiklat Bela Negara, dan para tamu undangan lainnya. Sebelum kembali ke kampus, para Ketua OK terpilih berfoto bersama para Pelatih, Widyaiswara serta Pimpinan dan para pembina OK dari BINUS University.

Cosmos Hendrawan, S.Sos